SehatQ

Toko SehatQ Solusi Infeksi Telinga

Definisi

Apa kalian pernah mengalami kondisi dimana telinga terasa sakit? Dan rasa sakit tersebut dibarengi dengan flu atau pilek dan batuk? Berdasarkan informasi yang diperoleh dari SehatQ, sakit pada telinga seringkali dikenal dengan infeksi telinga, dimana infeksi ini banyak terjadi pada anak-anak yang sedang mengalami pilek, atau sedang infeksi tenggorokannya, dan berbagai serangan alergi lainnya. Yang kemudian kondisi tersebut menghasilkan cairan yang bisa menyumbat telinga pada bagian tengah. Cairan tersebut berwarna kuning pekat. Karena penyumbatan tersebutlah telinga menjadi sakit dan timbul infeksi telinga.

Gejala Yang Ditunjukkan Infeksi Telinga Dan Penyebabnya

Penyakit ini mempunyai gejala dan penyebab yang mudah sekali ditemukan. Seperti yang disampaikan sebelumnya, bahwa infeksi telinga penyebabnya adalah adanya infeksi bakteri maupun virus di telinga tengah akibat adanya penyumbatan pada saluran di hidung atau tenggorokan maupun tuba eustachius. Yang mana hal tersebut terjadi akibat adanya penyakit flu ataupun alergi yang menyerang tubuh kita.

Diantara gejala yang bisa kita temukan pada kondisi infeksi telinga dimulai dari timbulnya rasa sakit pada bian telinga tengah, kemudian kamu juga mengalami panas yang mana suhu tubuhmu bisa mencapai lebih dari 38 derajat. Selanjutnya kamu juga akan menunjukkan gelaja sulit mendengar karena telinga yang tersumbat dan terasa penuh. Tidak hanya itu infeksi telinga yang berlanjut bisa menimbulkan gatal serta iritasi pada telinga dan sekitarnya. Dan pada akhirnya kulit akan bersisik.

Nah jika kondisi ini terjadi pada anak-anak biasanya mereka akan menggaruk telinga mereka secara intens, karena telinga terasa gatal. Kemudian penyakit ini akan menyebabkan anak anak kesulitan mendengar jadi tidak heran kalau mereka tidak mendengar ketika dipanggil. Selain itu nafsu makan pada anak juga akan berkurang dan anak akan mudah jatuh karena organ keseimbangannya terganggu.

Tips Pengobatan Infeksi Telinga

Berdasarkan referensi yang diperoleh dari sehatQ kamu akan menemukan beberapa macam infeksi telinga. Diantaranya ada otitis media akut, kemudian ada otitis media dengan diikuti efusi, dan juga ada otitis media yang supuratif kronis.

Nah hal pertama yang harus kamu lakukan tentunya adalah memeriksakan kondisi kesehatan atau penyakitmu tersebut ke dokter THT. Karena pengobatan bisa dilakukan ketika kamu tau apa penyebabnya. Ketika infeksi telinga terjadi pada bagian dalam, maka biasanya tidak memerlukan antibiotic karena sakit pada bagian tersebut  bisa hilang sendiri. Namun jika pada kurun waktu tertentu sakit tersebut tidak kunjung sembuh, kamu perlu kembali ke dokter dan hal tersebut biasanya dibarengi dengan adanya cairan yang keluar sehingga bisa jadi terdapat komplikasi pada saluran telinga. Pada kondisi tersebutlah antibiotic bisa diberikan.

Jika infeksi telinga terjadi pada bagian luar, dokter akan memberikan resep sesuai dengan kondisi infeksi tersebut. Apabila infeksi bakteri, kamu akan diberikan obat tetes telinga berupa antibiotic. Kemudian jika terjadi pembengkakan kamu akan diberikan obat tetes telinga yang mengandung steroid. Dan jika infeksi telinga tersebut akibat jamu, maka kamu akan diberikan obat tetes anti jamur. Serta pada kondisi yang parah dokter biasanya akan memberikan tablet antibiotic dengan kadar dosis tertentu.

Intinya jangan melakukan tindakan sendiri, lebih baik kamu membawanya ke dokter THT untuk pemeriksaan lebih lengkapnya dan mendapat penanganan yang sesuai. Atau sebelum kamu membawanya ke dokter kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter online yang ada di situs sehatQ. Baru setelah itu kamu bisa membawanya ke dokter THT.

Setelah kamu mengetahui kondisimu kamu pun bisa mencari obat yang diresepkan dokter di toko sehatQ, hal ini akan jauh memudahkan keadaan sekarang ini.

Kesimpulan

Infeksi telinga terdapat bermacam-macam jenisnya dan penyebabnya biasanya karena adanya penyumbatan pada telinga akibat penyakit lain. Kamu harus memahami gejala yang ditunjukkan, kamu bisa menggunakan bantuan sehatQ untuk mendapat informasi lebih terkait infeksi telinga ini. Setelah itu kamu bisa pergi ke dokter untuk penanganan lebih lanjut dan mendapatkan resep yang sesuai. Dan kamu pun bisa menebus resep tersebut di took sehatQ secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!