Tips Agar Tidak Mudah Gerah saat Berhijab

Menutup aurat sudah menjadi kewajiban yang tidak bisa ditawar bagi muslimah yang sudah mencapai akil baligh. Sebagaimana yang sudah ada dalam Al-quran. Namun, bagi para muslimah yang baru memasuki akil baligh tentunya mengalami kendala dalam menyempurnakan hijab. Banyak yang mengatakan bahwa menggunakan hijab secara syar’i itu gerah dan sangat mengganggu kenyamanan dalam beraktifitas. Bagaimana ya cara agar tidak mudah gerah saat berhijab? Pertanyaan yang selalu muncul di benak para muslimah saat akan keluar rumah memakai hijabnya.

Disini akan kita bahas tentang cara agar tidak mudah gerah saat berhijab. Kita simak yuk!

Memilih Model Pakaian dan Hijab yang Longgar

Pakaian dan hijab yang ketat tentunya membuat kita tidak nyaman saat beraktifitas. Lekuk tubuh akan terlihat dan menonjol. Pakaian dan hijab yang ketat akan membuat kita mudah gerah disebabkan keringat yang kita keluarkan langsung terserap oleh pakaian yang kita gunakan, sehingga pakaian menjadi basah dan kulit pun lembab.

Hindari Menggunakan Pakaian yang Bertumpuk

Alangkah baiknya ketika menggunakan pakaian syar’i tidak menggunakan banyak lapisan kain. Karena pada dasarnya syarat menutup aurat salah satunya tidak transparan. Jadi, kalau misalnya kita menggunakan hijab, cukup gunakan bahan yang dingin dan tidak transparan. Hal ini membuat kita tidak mudah gerah meskipun berpakaian syar’i.

Menghindari Warna Gelap

Seperti yang kita ketahui bahwa semakin gelap warna pakaian kita, akan semakin mudah bagi pakaian itu untuk menyerap panas. Panas akan tertahan dalam serat pakaian dan membuat kita semakin gerah. Untuk menghindari hal itu, gunakan warna yang sedikit lebih terang misalnya warna putih, pink dan warna terang lainnya.

Gunakan Bahan yang Menyerap Keringat

Saat cuaca panas, bahan yang cocok digunakan untuk pakaian ialah bahan kain katun. Hal ini disebabkan karena kain katun dapat menyerap keringat dengan mudah sehingga membuat kita tetap merasa sejuk.

Pastikan Rambut Kering saat Memakai Hijab

Ketika selesai keramas, alangkah baiknya kita mengeringkan rambut hingga benar benar kering. Hal ini akan membuat kita tidak mudah gerah. Selain itu mengeringkan rambut sebelum memakai hijab dapat membuat kita terhindar dari ketombe. Gunakan hair dryer atau kipas angin dan handuk saat selesai keramas, agar rambut kita cepat kering.

Gunakan Hijab yang Nyaman Dipakai

Banyak sekali trend dan model hijab yang bertebaran di dunia maya. Untuk menghindari gerah sebaiknya jangan mengikuti trend hijab yang ribet dan memerlukan banyak kain. Gunakan hijab yang simpel dan nyaman ketika dipakai. Karena selain menghindari gerah hal ini juga sesuai dengan sunnah yang diajarkan oleh Rasul, yakni menyederhanakan penampilan bagi kaum hawa.

Gunakan Ciput yang nyaman

Ciput ninja akan menutupi leher kita, hal ini kurang cocok apabila kita gunakan dalam kegiatan yang lumayan lama. Alangkah baiknya jika kita memilih ciput sederhana yang cukup untuk menutupi bagian rambut kita. Karena pada dasarnya fungsi ciput adalah mencegah agar rambut tidak terlihat ketika memakai hijab.

Ikat Rambutmu saat berhijab

Rambut yang terurai saat berhijab akan membuat kita cepat gerah. Jadi bagi yang memiliki rambut panjang sangat dianjurkan mengikat rambut agar tidak mudah gerah saat berhijab.

Gunakan Hijab Sesuai dengan Aktifitas

Jenis hijab ada bermacam-macam, diantaranya adalah hijab instan dan juga hijab segi empat. Keduanya dapat digunakan untuk beraktifitas di luar rumah, asalkan sesuai dengan syariat yakni tidak transparan, longgar, dan menutupi dada. Hijab instan lebih cocok jika digunakan untuk aktifitas yang membutuhkan banyak gerak, misalnya saat lari pagi, saat bersepeda, dan saat aktifitas lain yang membutuhkan banyak gerak.

Itu tadi beberapa tips agar tidak mudah gerah saat berhijab. Semoga menjadi inspirasi bagi kita agar selalu istiqomah dalam menggunakan hijab.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *