Tingkatkan Kebugaran Tubuh dengan Rajin Senam Irama

Badan sehat namun tanpa olahraga yang berat merupakan idaman bagi kaum milenia saat ini. Istilah ‘mager’ alias ‘males gerak’ menjadi trend yang tak dapat dihindari.


Untuk memiliki tubuh yang sehat namun tetap di rumah saja, dapat dilakukan dengan senam irama. Olahraga simpel ini dapat menyehatkan tubuh tanpa harus capek capek berolahraga berat.


Senam irama merupakan senam dengan gerakan bebas yang diiringi dengan musik yang diinginkan. Senam irama memiliki unsur ketepatan irama, gerakan yang sesuai tempo, serta keluwesan tubuh.


Seperti senam yang lainnya, senam irama sebaiknya diawali dengan pemanasan untuk menghindari cidera. Setelah pemanasan barulah masuk pada gerakan inti, kemudian pendinginan. Berikut beberapa komponen senam irama yang perlu diketahui:

Kekuatan Otot

Kekuatan otot sangat penting bagi seluruh aktivitas sehari-hari yang dilakukan. Kesehatan otot dapat diperkuat dengan rajin melakukan senam irama.

Dengan melakukan sena irama secara rutin dapat menjadikan otor lebih besar, fibril-fibril akan menjadi lebih gemuk dan kuat. Besarnya otot yang dihasilkan seimbang dengan kekuatan dan juga daya tahan yang diberikan.

Kelenturan Tubuh

Bagian ini sangat erat hubungannya dengan tulang dan sendi. Dengan memiliki kelentukan tubuh yang baik, maka kita juga akan lebih mudah dalam melakukan gerakan tertentu yang berhubungan dengan kelenturan tubuh.

Beberapa kegiatan yang memerlukan kelenturan tubuh yakni mengangkat benda dari bawah dan memindahkannya ke atas, menggendong si kecil, serta banyak kegiatan lainnya.

Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh dapat diartikan sebuah kesanggupan tubuh dalam melakukan aktivitas yang terus berlanjut. Misalnya daya tahan tubuh ketika berlari jarak jauh, seharian mendaki bukit, atau menghadap laptop selama berjam-jam.

Daya tahan otot juga bergantung pada kekuatan otot dan juga suplai darah yang lancar pada seluruh tubuh. Daya tahan otot yang besar dapat membuat tubuh memiliki daya tahan yang kuat pula.

Biasanya pada orang yang terlalu lelah hingga pingsan memiliki daya tahan tubuh yang rendah, dengan tingkat peredaran darah yang tentunya kurang lancar. Sehingga oksigen tidak sampai menuju aliran otak.

Daya tahan tubuh selain dengan melakukan senam, sebaiknya juga diimbangi dengan makanan yang memiliki kandungan gizi seimbang. Maka tubuh menjadi sehat dan bugar seperti yang diharapkan.

Relaksasi

Komponen ini memiliki dua manfaat sekaligus secara lahir maupun batin. Orang yang sering berolahraga termasuk melakukan senam irama, selain memiliki tubuh yang sehat dan kuat juga memiliki tingkat ketenangan jiwa yang luar biasa bagus.

Ketegangan otot juga dapat berkurang dan menjadikan diri lebih rileks dalam menghadapi beberapa kegiatan yang cukup menyita emosi.

Uraian di atas dapat menjadi pertimbangan kita untuk tetap berolahraga meski berada di dalam rumah. Karena pada dasarnya tubuh yang sehat merupakan tubuh yang banyak gerak. Jadi selalu lawan rasa malas dengan kegiatan yang bermanfaat seperti senam irama.

Tinggalkan komentar