network switch

Pengertian Network Switch Secara Sederhana dan Tipe-Tipenya

Beberapa dari anda mungkin belum tahu apa itu network swicth. Kerap kali di luar sana penjelasan tentang hal ini justru berputar-putar dan membuat semakin bingung. Pada artikel ini akan dijelaskan pengertian tentang network switch secara ringkas namun jelas supaya lebih mudah untuk dipahami. Fasilitas ini umumnya digunakan di perkantoran karena mempermudah segala aktivitas bisnis. Sebelum memasuki ke pengertiannya, anda sebaiknya mengetahui fungsinya terlebih dahulu. Fungsi dari fasilitas ini adalah untuk menyambung beberapa perangkat seperti komputer, printer, telpon, kamera, server suatu lokasi. Sehingga mudahnya fasilitas ini digunakan sebagai pusat kontrol dimana semua peralatan yang terhubung akan tersambung sehingga bisa berfungsi lebih efisien. Karena semua perangkat yang sudah tersambung tersebut, fasilitas ini juga menghemat pengeluaran anda dalam bidang bisnis. Selain itu, fasilitas ini juga dapat meningkatkan produktifitas pekerja anda. Hal ini disebabkan karena perangkat anda sudah saling terhubung sehingga terjadilah pembagian data berikut dengan informasi dan alokasi sumber daya.

Network switch dibagi menjadi dua tipe. Tpe yang pertama bernama unmanaged sedangkan tipe yang kedua bernama managed. Tentu saja kedua tipe tersebut memiliki fungsi yang berbeda meskipun secara garis besar fungsinya tetap sama. Untuk tipe yang pertama yaitu unmanaged switch. Tipe ini terbatas dalam fitur serta kapasitas jaringannya lebih kecil. Sedangkan managed switch dapat diatur secara lengkap serta memberi tingkat keamanan yang lebih baik dari pada tipe satunya. Selain itu, tie managed switch juga lebih fleksibel serta memiliki jangkauan jaringan yang lebih besar. Kelebihan lain dari tipe ini adalah bisa dimonitad darn diakses secara langsung dari lokasi maupun jarak jauh atau remote. Pada intinya penggunaan unmanaged maupun managed switch bisa anda cocokkan dengan apa yang anda butuhkan. Apabila kantor anda masih kecil dan anda belum memiliki banyak pegawai serta seluruh pegawai masih WFO atau work from office, anda disarankan memilih tipe unmanaged switch. Tipe ini dirasa sudah cukup karena tidak adanya akses untuk kebutuhan kantor dari jarak jauh. Sedangkan jika kantor anda luas serta ada beberapa karyawan yang memang harus WFH atau work from home, anda bisa mempertimbangkan untuk memilih tipe managed switch. Hal ini disebabkan karena kebutuhan untuk akses di lokasi yang lebih luas selain itu juga kebutuhan akses remote atau jarak jauh terutama untuk karyawan yang WFH. Managed switch dirasa lebih cocok karena selain jangkauan yang luas tipe ini juga menawarkan keamanan yang lebih tinggi.

Seperti setiap fasilitas pada umumnya, switch juga dibagi dalam beberapa produk yang sesuai dengan tipenya. Jika anda membutuhkan penghubung untuk bisnis yang masih merintis, kecil, dan semua karyawan wfo maka anda lebih cocok menggunakan tipe unmanaged switch. Salah satu produk yang cocok untuk switch tipe ini adalah omni switch OS 2220-8. Jika anda membutuhkan switch yang berada di tengah-tengah antara unmanaged dan managed switch, anda bisa memilih produk omni switch OS 6350 karena produk ini bisa disusun guna menghasilkan jangkauan jaringan yang lebih luas. Produk yang paling luas jangkauannya dan sudah setara dengan kualitas enterprise adalah omni switch 6450. Jika menggunakan produk ini disarankan bisnis anda memang sudah sangat besar dengan jumlah karyawan banyak. Selain itu kantor juga luas serta ada beberapa karyawan yang harus wfh. Apabila kondisi anda seperti itu maka produk yang terakhir sangat cocok untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!