cara pakai ebilling pajak

Pengenalan Cara Pakai Ebilling Pajak di Era Digital

Sebagai warna negara yang taat akan kewajiban membayar pajak, tentunya wajib juga belajar terkait cara pakai ebilling pajak. Agar proses pelunasan yang harus dilakukan setiap tahunnya berlangsung lebih memudahkan. Dengan menggunakan ebilling pajak tentunya pengelolaan pajak dan berbagai bisnis financial akan berlangsung lebih efektif dan efisien bagi sector usaha.

Ebilling pajak salah satunya bisa kamu lakukan dengan menggunakan Klikpajak.id. Situs dan aplikasi ini akan sangat memudahkan kamu loh dalam perhitungan, kemudian pelayanan pembayaran pajak, lalu pelaporan setoran pajak dan sebagainya. Hal ini berlaku dimanapun dan kapanpun kamu ingin mengurusnya. Selain itu melalui situs dan aplikasi ini kamu juga bisa mengamankan berbagai arsip yang berhubungan dengan pajak.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana sih cara pakai ebilling pajak yang dikembangkan oleh Klikpajak.id. Sehingga usaha kita akan semakin dimudahkan dan aman dari tanggungan pajak.

Deskripsi Terkait Cara Pakai Ebilling Pajak

Sebelum kita melangkah lebih jauh dan belajar bagaimana cara pakai ebilling pajak sebagai metode pembayaran yang sah. Kita akan mengenali terlebih dahulu pengetahuan dasar terkait ebilling pajak itu seperti apa. Hal ini diperlukan agar kita bisa memaksimalkan penggunaannya, tentunya untuk mempermudah pekerjaan kita yang berkaitan dengan setor pajak.

  • Definisi ebilling pajak

Ebilling pajak merupakan sebuah cara melunasi pajak yang berkembang di dunia digital menggunakan sistem elektronik. Yang mana sebelum kamu melakukan pembayaran kamu harus terlebih dahulu membuat ID billing atau yang kita kenal dengan kode billing.

Nah kode billing adalah sebuah kode untuk mengidentifikasi seseorang yang telah melakukan penyetoran pajak. Kode ini dikeluarkan oleh sistem billing resmi, dimana nantinya sistem ini akan mampu mengakumulasikan pendapatan negara dari sektor pajak. Bisa dalam mata uang dalam negeri maupun mata uang asing.

  • Tipe penyetoran pajak yang bisa dilakukan dengan ebilling

Sebelum kamu menggunakan ebilling kamu harus tau bahwa yang diperbolehkan oleh Direktorat Jenderal Pajak atau DJP untuk menyetorkan pajak pakai ebilling diantaranya adalah Pajak Penghasilan atau PPh, kemudian Pajak Bumi dan Bangunan atau PBB untuk sektor P3, lalu bisa juga untuk Pajak Pertambahan Nilai atau PPN, bisa juga untuk pajak Bea Cukai dan juga PNBP.

Cara pembayaran ebilling memberikan banyak kelebihan loh, selain bisa kamu lakukan dimana saja secara online. Kamu juga tidak perlu mengisikan data surat setoran pajak atau SSP secara manual, surat setoran bukan pajak juga diisikan secara online, dan pengisian surat setoran pengembalian belanja juga dilakukan secara online dan berbasis internet.

  • Kemudahan yang diberikan ebilling pajak

Cara pakai ebilling pajak jika kamu pelajari dengan benar, maka kamu akan mendapatkan banyak kemudahan. Karena isi dari ebilling pajak hanya akan mempercepat kamu bisa setoran pajak setiap tahunnya. Diantara kemudahan tersebut adalah kamu bisa membuat ID Billing kapan saja dan bisa kamu lakukan dimana saja dan melanjutkan dengan setor pajak. Selain itu dengan ebilling pajak akan menghindarkan kamu dari berbagai kekeliruan dalam penulisan transaksi. Kemudian transaksi setor pajak yang kamu lakukan berlangsung real time juga. Lalu kamu juga bisa melunasi beban pajak PNBP. Dan kamu juga bisa selalu meng-archive data yang keluar maupun yang kamu isikan.

Cara Pakai Ebilling Pajak yang Bisa Kamu Lakukan Dimana Saja

Sebelum kamu belajar cara pakai ebilling pajak, kamu harus mempunyai ID Billing. Yang mana ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk membuatnya. Diantaranya kamu bisa membuatnya di Klikpajak yang merupakan salah satu aplikasi resmi pilihan Direktorat Jenderal Pajak, kemudian bisa juga kamu dapatkan dari internet banking untuk nasabah dari bank tertentu, bisa juga lewat teller kantor pos Indonesia, atau kamu bisa juga lewat LiveChat bersama pajak.co.id. dan masih banyak cara lain yang bisa kamu tempuh untuk memperoleh ID Billing untuk bisa pakai ebilling pajak.

Lalu bagaimana cara pakai ebilling pajak tersebut agar tanggungan bisa segera lunas? Kamu bisa menyimak caranya pada beberapa langkah berikut ini yaa.

  • Pada halaman klikpajak, kamu bisa klik panel home dan melanjutkan dengan tekan Menunggu Pembayaran agar bisa ditampilkan ID Billing milikmu.
  • Selanjutnya kamu bisa memilih tipe pajak yang akan kamu bayarkan dan klik pilihanmu tersebut untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya yaitu Bayar Pajak.
  • Kemudian pada tampilan halaman selanjutnya kamu bisa menentukan metode pembayarannya dengan cara terlebih dahulu membaca petunjuknya agar pembayaran bisa langsung terproses dan tidak tertunda. Lalu kamu bisa klik panel Lanjutkan untuk menerukan pembayaran.
  • Pada halaman selanjutnya kamu harus mengisikan NTPN pada kolom yang telah disediakan. Nah kamu perlu mengunggah BPN atau Bukti Penerimaan Negara.
  • Jika sudah lanjutkan dengan pembayaran tagihan sesuai ID Billing yang kamu punya dengan menekan Siap Bayar atau Bayar Pajak.
  • Lalu ID Billing yang kamu proses tersebut akan mengalami verifikasi. Apabila berhasil, maka kamu akan bisa memilih Bank yang akan kamu gunkan untuk pembayaran pajak dan akan muncul virtual account dari Bank tersebut.
  • Jika virtual account bank sudah kamu dapatkan kamu akan mendapatkan email untuk detail pembayarannya. Seperti biasa selanjutnya proses akan berlanjut pada mobile banking ataupun internet banking yang kamu gunakan.
  • Apabila proses tersebut sudah kamu lalui maka kamu akan langsung ditampilkan halaman sukses pembayaran sesuai ID Billing yang kamu punya dan lanjutkan dengan melihat status pembayaran yang kamu terima lewat email.
  • Bukti tersebut bisa kamu laporkan dan arsipkan sesuai dengan KAP dan KJS yang kamu dapatkan ketika membuat ID Billing. Kemudian kamu akan mendapatkan email yang berisikan Bukti Penerimaan Negara. Atau lanjut pada halaman klikpajak akan muncul nomor NTPN, kamu bisa menekannya untuk mendownload BPN yang kamu dapatkan.

Nah bagaimana menurut kalian cara pakai ebilling pajak lebih memudahkan pembayaran pajak kamu tiap tahunnya bukan? Sekali kamu melakukannya kamu tentunya sudah hafal dengan langkah-langkah yang harus kamu tempuh dan hanya dengan sekali duduk kamu sudah selesai melakukan kewajiban sebagai warga negara yang baik dengan taat pajak. Selamat mencoba dan kamupun bisa mendapatkan informasi lebih detail mengenai pajak dengan akses klikpajak ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *