Olahraga Saat Berpuasa

Bagi pecinta olahraga meski sedang berpuasa tak akan mengurangi niat agar tubuh tetap bugar. Meski tubuh tidak mendapat makanan dan minuman saat berpuasa kita tetap dapat melakukan beberapa olahraga ringan saat berpuasa.

Olahraga ringan tersebut diantaranya :

Jalan Santai

Olahraga ini biasanya dilakukan oleh anak-anak SD, tapi jangan pandang sebelah mata, ternyata jalan santai dapat menjaga kesehatan jantung dan bagian otot maupun tulang. Waktu yang tepat untuk jalan santai biasanya setelah sholat shubuh dan di sore hari ketika menjelang berbuka puasa. Usahakan tidak melakukan jalan santai dengan rute yang jauh.

Bersepeda

Bersepeda dapat mengencangkan otot dan menjaga kesehatan jantung. Bersepeda sepertinya lebih disukai daripada jalan santai. Hal ini dikarenakan saat bersepeda pikiran menjadi lebih rilex dan tubuh dapat mengontrol oksigen yang masuk dengan mudah.

Bulu Tangkis

Olahraga ringan saat berpuasa lainnya yang tidak begitu menguras tenaga adalah bulu tangkis. Biasanya olahraga ini dilakukan bersama anggota keluarga setelah sholat tarawih. Selain menyehatkan, olahraga ini juga dapat merefresh pikiran kita sambil menikmati sejuknya angin malam.

Angkat beban

Olahraga angkat beban saat berpuasa sebaiknya tidak menggunakan beban yang berat. Usahakan pemilihan berat beban sesuai dengan kemampuan kita. Sehingga tenaga yang kita keluarkan tidak terforsir habis.

Yoga

Bagi pecinta ketenangan, yoga merupakan olahraga yang pas untuk dilakukan di blan ramadhan ini. yoga tidak membutuhkan alat apapun, kita dapat melakukan yoga di atas matras atau karpet di rumah kita. Yoga memiliki banyak sekali manfaat baik untuk kesehatan jasmani maupun rohani kita.

Renang

Olahraga ini dapat dilakukan kurang lebih selama 30 menit. Renang dapat membakar kalori dengan baik. Kalori yang dapat terbakar pada pria yakni 420 kalori/30 menit sedangkan pada wanita 360 kalori/30 menit. Namun ketika melakukan renang, hendaknya tetap hati-hati ya, agar air kolam tidak ikut masuk ke mulut.

Naik Turun Tangga

Naik turun tangga dapat membakar lemak yang ada pada tubuh kita. Selain itu naik turun tangga juga dapat menyehatkan jantung.

Itu tadi beberapa macam olahraga yang dapat kita praktekkan di rumah selama bulan ramadhan. Selain menjaga kesehatan, setidaknya banyak manfaat lain dari berolahraga ringan saat puasa bagi tubuh kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *