domainesia

Mau Domain Murah Khusus Brand Baru Milikmu? Perhatikan Poin Pentingnya

Kata domain pastilah tidak asing pada orang-orang yang bergelut di dunia market digital. Domain seringkali kita kenal dengan kata website. Bagi kamu yang masih awam di dunia digital dan kamu ingin terjun ke market ini, kamu pasti bertanya-tanya terkait domain. Apa ya domain itu? Fungsinya untuk apa ya? Beli domain dimana ya yang paling murah? Dan berbagai pertanyaan lain yang ada dibenakmu terkait domain. Tenang-tenang kali ini bakal kita kupas tuntas tentang domain. Terutama poin-poin yang perlu diperhatikan ketika beli domain. Simak selengkapnya di bawah ini :

Domain Itu Apa sih min?

Domain yakni sebuah brand, merk, alamat kantor dan toko kamu didunia digital atau biasa disebut website. Jangan pernah membuat pengunjungmu merasa kebingungan dengan nama brandmu di website. Akan lebih mudah, jika kita memilih nama domain yang terdiri dari huruf tanpa karakter agar mudah diingat pengunjung web mu. Domain yang bersifat unik, hanya 1 untuk 1. Maksudnya adalah 1 domain hanya untuk satu pemilik.

Domain Itu Fungsinya Apa Sih min?

Memiliki domain bisa membuat website mu berkembang pesat lho. Apalagi jika kamu memilih domain secara tepat. Domain yang kamu punya dapat menjadi tempat kamu branding produk atau jasamu, dapat juga menjadi tempatmu untuk berbagi berbagai informasi seperti gaya hidupmu, perkembangan teknologi saat ini, berbagai hal terkait keilmuan, dan lain sebagainya.

Jenis Domain Apa Aja min?

Kalian pasti taukan domain sangatlah bermacam-macam, ada yang berdasarkan ekstensi dan ada juga yang berdasarkan usia. Berikut jenisnya :

1. Domain Berdasarkan Ekstensi

Domain Berdasarkan Ekstensi, antara lain : com, net, org, co, co.id, id, web.id, dll. Dan setiap Negara pasti ada ekstensi lokalnya masing-masing.

2. Domain berdasarkan usia

Domain berdasarkan usia, fresh domain ( domain yang baru didaftarkan dan tidak memiliki riwayat masa lalu); Expiring (domain yang memiliki masa kadaluarsa); Dropped (domain yang sudah dihapus).

Bisa Nggak Sih Nama Kita Jadi Nama Domain

Mikir-mikir bisa nggak ya nama sendiri jadi nama domain? Jawabannya bisa banget. Contohnya, mbkpina.com atau kamu mau memakai nama asli kamu juga bisa lho. Yang penting kamu nggak pakai nama orang lain okee.

Tips Cari Domain Terpercaya

Setelah kamu paham domain dan fungsinya, pastilah kamu bertanya-tanya beli domain dimana ya yang paling murah? Dan poin-poin apa yang perlu diperhatikan ketika beli domain? Nah berikut ini adalah penjelasan yang paling ditunggu-tunggu nih. Terkadang blogger pemula sangat bingung cara beli domain apalagi cari yang murah terus terpercaya lagi. Itu sangat sulit untuk mereka para pemula bukan?

1. Cari provider domain terpercaya

Yang pertama adalah cari provider domain terpercaya. Ada banyak sekali penyedia pendaftaran domain di Indonesia. Akan tetapi, tidak semua penyedia layanan itu telah terdaftar resmi di ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Kebanyakan hal itu terjadi saat kalian lebih suka membeli domain yang sepaket dengan hosting. Kelemahan saat membeli domain di penyedia layanan yang tidak resmi akan menyulitkan kalian ketika ingin memindahkan domain ke yang lain. Salah satu penyedia domain resmi dan terpercaya di Indonesia adalah domainesia.com, situs mereka mampu menjawab benakmu yang penuh tanda tanya tentang beli domain dimana ya yang paling murah? Serta situs penyedia domain mana ya yang paling memudahkan pengguna?

2. Domain baru

Yang kedua adalah domain baru. Domain baru akan sangat cocok bagi kamu yang ingin membangun website mulai dari nol atau awal. Dengan domain baru kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan atau tujuanmu memiliki sebuah website. Domain baru seringkali disebut dengan domain organik, memiliki domain organik akan memberimu peluang yang lebih besar untuk dilirik oleh Google Adsense dan memperoleh tambahan penghasilan lewat itu pula. Biasanya domain baru dibutuhkan oleh mereka yang ingin mempunyai brand atau merk original dan mempromosikannya lewat website asli brand atau merk.

3. Domain lama

Yang ketiga adalah Domain Lama. Apabila kalian mengambil keputusan lebih memilih untuk membeli domain yang telah terdaftar, periksa dulu asal-usul domain tersebut dengan bijak. Seperti mengecek ada atau tidak pelanggaran hukum yang dikenakan pada website atau domain yang akan kamu beli, kemudian carilah website yang sesuai dengan kebutuhanmu. Dan apakah domain itu memiliki trafik yang baik.

4. Ketersediaan domain

Yang ketiga adalah ketersediaan. Kalian harus memastikan terlebih dahulu apakah domain itu masih tersedia atau tidak. Percuma saja jika domain itu murah terpercaya tapi tidak tersedia lagi. Pastikan juga nama domain itu bukan nama brand dari perusahaan lainnya, maksudnya adalah walaupun kalian bisa membeli domain apapun bukan berarti nama domain yang kalian akan beli sama dengan nama brand atau perusahaan orang lain. Dan di point ini, kita harus sangat berhati-hati, karena mendaftarkan domain yang namanya sudah ada pemilik bisa berujung penuntutan lho.

Cara Beli Domain Gimana Min?

Berikut ini cara beli domain dan beli domain dimana ya yang paling murah? simak dengan baik, biar nggak bingung :

  1. Cek ketersediaan domain. Kunjungi beberapa halaman atau situs penyedia domain dan pilihlah penyedia domain yang menawarkan dengan harga paling
  2. Pilih ekstansi domain. Ada kalanya nama domain yang kalian inginkan tidak tersedia. Maka, anda bisa menggantikannya dengan nama berbeda. Atau ada alternatif lain, kalian bisa menggunakan nama sama dan cukup mengganti ekstansi domainnya saja.
  3. Membeli domain. Setelah kalian memutuskan beli domain dimana dan domain apa yang kalian beli kalian akan masuk ketahap selanjutnya yaitu mendapatkan rekomendasi apakah beli domain saja atau sepaket dengan layanan hosting. Paket hosting ini bisa kalian gunakan untuk nama domain yang akan kalian beli. Silahkan lanjut pembelian.
  4. Mengecek detail order pembelian domain.
  5. Proses pembelian domain membutuhkan informasi lengkap kalian sebagai pemilik.
  6. Bayar domain dan pembelian domain berhasil.

Penutup

Uraian diatas akan sangat membantu kalian para pemula yang ingin mempunyai domain untuk website brand kalian sendiri. Tidak hanya kalian perlu tau tempat beli domain dimana ya yang paling murah? Kalian juga akan tau poin-poin yang perlu diperhatikan ketika beli domain. Lakukanlah setiap poin yang ada diatas agar kalian sukses membangun website kalian. Semoga bermanfaat buat kalian. Terima kasih.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!