Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Mengkudu, orang jawa biasa menyebutnya Pace adalah salah satu tanaman herbah yang banyak dimanfaatkan dalam dunia kesehatan. Kali ini kami akan membahas manfaat mengkudu bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan :

Menurunkan Kolestrol

Kolestrol yang tinggi dapat kembali distabilkan dengan cara rutin mengonsumsi mengkudu. Cara membuat minuman mengkudu sangat mudah, yakni : siapkan dua buah mengkudu yang sudah masak, kupas bersih. Haluskan mengkudu dalam gelas (orang jawa menyebutnya gejrot), tambahkan air putih matang dan gula secukupnya. Minum air mengkudu tersebut rutin setiap hari satu kali.

Mengontrol Gula Darah (Diabetes)

Selain mengatasi kolestrol, ternyata diabetes juga dapat ditaklukkan oleh mengkudu ini. cara membuatnya hampir sama dengan cara menurunkan kolestrol, namun lebih disarankan tidak menggunakan gula, dan mengutamakan menggunakan madu.

Mencegah Stroke

Buah mengkudu mengandung zat antioksidan dan anti inflamasi yang dapat membuat pemuluh darah lebih elastis sehingga peredaran darah menjadi lancar. Peredaran yang lancar tersebut dapat mengurangi resiko terjadinya stroke.

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Mengkudu dapat menghambat pertumbuhan sel kanker yang ada pafa tubuh. Senyawa polisakarida dapat menekan pertumbuhan sel kanker sehingga sel tersebut tidak dapat berkembang bahkan akan mati.

Memperlancar Menstruasi

Menstruasi merupakan hal yang tak bisa dipisahkan dari perempuan. Rasa nyeri yang terjadi saat menstruasi tak dapat dihindari, hampir 8 dari 10 wanita mengalami yang namanya nyeri saat menstruasi. Buah mengkudu ternyata dapat megurangi rasa nyeri yang terjadi saat menstruasi. Buah mengkudu juga baik bagi ibu hamil, karena dapat mengatasi resiko keguguran.

Manfaat mengkudu bagi Kecantikan :

Mencerahkan Kulit Wajah

Wajah yang putih cerah alami merupakan dambaan bagi wanita di dunia. Salah satu cara mencerahkan kulit yakni menggunakan masker mengkudu. Caranya mudah, haluskan buah mengkudu kemudian jadikan masker dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Lakukan cara ini kurang lebih 2 hari sekali. Cara ini juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat, dan menghaluskan kulit.

Mengatasi Rambut Rontok

Manfaat buah mengkudu bagi kecantikan yakni mengatasi rambut rontok. Buah mengkudu mengandung beberapa vitamin yang berguna untuk melancarkan sirkulasi darah di kepala dan memperkuat akar rambut. Cara menggunakannya yaitu mencampur buah mengkudu yang sudah matang dengan telur bebek, oleskan pada rambut dan kulit kepala dan biarkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air bersih dan shampoo untuk menghilangkan bau amis. Hal ini juga dapat mengatasi ketombe yang membandel.

Mengobati kulit yang tebakar

Bagi kalian yang menghabiskan aktivitas di luar rumah sebaiknya menggunakan cara ini agar kulit tetap sehat dan terhindar dari radang kulit, yaitu kulit yang kemerah-merahan terkena matahari. Cara menjaga kesehatan kulit dengan mengkudu yakni mengoleskan buah mengkudu yang telah dihaluskan pada permukaan kulit yang meradang.

 

Uraian diatas merupakan manfaat buah mengkudu bagi kesehatan dan kecantikan. Ternyata untuk sehat dan cantik alami itu tidak susah ya. Cukup dengan memanfaatkan segala yang ada di alam dengan maksimal maka kita akan merasakan khasiat yang luar biasa.

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!