Manfaat daun Kelor Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Daun kelor atau yang namanya moringa oleifera biasa digunakan ibu-ibu untuk melancarkan ASI. Selain untuk melancarkan ASI, biasanya daun kelor dimasak menjadi sayur, orang desa biasa memasak daun kelor dengan nama ‘jangan menir (sayur menir)’. Di pedesaan tanaman ini tumbuh subur di daerah persawahan.

Selain untuk sayur dan melancarkan ASI, daun kelor digunakan untuk kesehatan dan kecantikan. Kita simak yuk beberapa manfaat daun kelor bagi kesehatan dan kecantikan :

Bagi Kesehatan :

Mengatasi Diabetes

Asam klorogenik yang ada pada daun kelor ternyata dapat menstabilkan gula darah. Sehingga daun kelor dapat dikonsumsi secara rutin bagi penderita diabetes. Caranya cukup mudah. Serut dau kelor, dan rebus dengan 2 gelas air putih menjadi satu gelas, minum saat dingin atau hangat-hangat kuku.

Mengatasi Hipertensi

Darah tinggi dapat distabilkan dengan rajin mengonsumsi daun kelor. Kandungan quercetin pada daun kelor dapat menstabilkan tekanan darah tinggi yang diderita.

Mengatasi Nyeri Haid

Bagi kaum hawa nyeri haid menjadi hal yang tak dapat dihindari. Rasa nyeri dapat berkurang bila kita imbangi dengan minum air daun kelor. Air daun kelor secara alami dapat bermanfaau untuk meredakan nyeri serta inflamasi saat menstruasi.

Mencegah Kanker

Kanker dapat dicegah dengan rutin mengonsumsi daun kelor. Karena daun kelor mengandung isotiosianat yang dapat mengatasi dan mencegah inflamasi. Inflamasi akut dapat menyebabkan kanker.

Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kelor apabila dikonsumsi dapat membasmi lemak jahat yang turut dalam beredaran darah. Sehingga lemak darah tersebut tidak sampai mengendap pada jantung dan jantung dapat kembali sehat tanpa gangguan lemak.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Kandungan daun kelor juga dapat menjaga kesehatan ginjal. Berbagai macam zat yang berbahaya yang masih menempel pada ginjal akan turut luruh seiring keluarnya urin. Sehingga ginjal akan bersih dari zat berbahaya dan sehat.

Kaya akan Kandungan Gizi dan Vitamin

Daun kelor ternyata mengandung vitamin B6, vitamin C, Vitamin A, Zat Besi dan Magnesium. Kandungan tersebut cukup untuk membuat tubuh kita menjadi sehat dan bugar serta mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Manfaat daun kelor untuk kecantikan :

Melembabkan Bibir

Bagi yang sering mengalami bibir kering, cara alami yang dapat ditempuh yakni dengan menumbuk daun kelor, kemudian disogok lembut pada bibir dan diamkan selama 5 menit, bilas dengan air.

Mencerahkan Kulit

Kulit wajah yang kusam dapat diatasi dengan masker daun kelor. cara membuat masker daun kelor sangat mudah, pisahkan daun dari batangnya, keringkan sampai benar-benar kering biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 hari. Setelah kering tumbuk hingga halus dan beri air secukupnya. Gunakan sebagai masker seminggu dua kali.

Langkah pertama cara membuat masker wajah
Langkah Ke dua Cara membuat masker wajah
Langkah ke tiga Cara membuat masker wajah

Mengatasi Penuaan Dini

Pada usia 30 tahun ke atas wajah akan mengalami kerutan terutama di sekitar mata. Cara mencegah kerutan ini yakni dengan cara membuat masker seperti pada point di atas.

Detoksifikasi

Makan daun kelor dapat digunakan untuk membersihkan racun yang ada pada tubuh, proses ini disebut proses detoksifikasi. Manfaat dari detoksifikasi yakni mencegah munculnya jerawat, mebuat tubuh merasa lebih enteng, mencegah penumpukan lemak pada usus, dan lain sebagainya.

Membersihkan Komedo

Masker daun kelor apabila dipakai dengan rutin dapat membersihkan komedo yang berada di sela pori-pori kulit wajah. Komedo tidak dapat langsung bersih pada pemakaian pertama, namun dengan kita menggunakan secara rutin, komedo akan bersih.

Uraian diatas merupakan manfaat dau kelor bagi kesehatan dan kecantikan. Tenyata untuk sehat dan cantik tidak memerlukan biaya yang mahal bukan? Cukup dengan konsumsi daun kelor kita dapat merasakan beragam khasiatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *