Khasiat Air Asam Jawa Bagi Kesehatan

air asam jawa

Asam Jawa merupakan buah yang biasanya digunakan dalam pembuatan sayur asam. Selain dikenal sebagai bumbu dapur, ternyata buah ada ini juga berfungsi menjaga kesehatan. Hal ini disebabkan asam jawa juga digunakan oleh orang dalam pembuatan jamu tradisional.

Asam jawa mengandung zat penting yang diperlukan oleh tubuh. diantaranya yaitu fosfor, kalium, magnesium, zat besi, natrium, kalsium, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, dan vitamin K. Kandungan tersebut membuat asam jawa memiliki sifat sebagai antioksidan dan antiinflamasi yang baik.

Berikut beberapa manfaat asam jawa bagi kesehatan tubuh:

Meminimalisir penyakit jantung

Bagi yang memiliki resiko terkena penyakit jantung, sebaiknya mengonsumsi air rebusan asam jawa. Salah satu orang yang beresiko terkena penyakit jantung yaitu para penderita kolestrol. Asam jawa mengandung flavonoid yang dapat menghilangkan kolestrol jahat, sehingga mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Mencegah Penyakit Kanker

Antioksidan yang tinggi menjadikan asam jawa dapat memperkuat pertahanan imun tubuh. Sehingga segala macam radikal bebas dan zat yang memicu timbulnya kanker dapat diatasi menggunakan air rebusan asam jawa. Kanker yang dapat diatasi salah satunya yakni kanker ginjal.

Mengatasi Diabetes

Kadar gula dalam darah yang berlebih dapat distabilkan menggunakan asam jawa. Karena pada asam jawa mengandung enzim alfa amilase yang sangat dibutuhkan oleh penderita diabetes pada umumnya.

Menjaga Kesehatan Liver

Liver atau organ hati dapat terjaga kesehatannya dari zat kimia yang disebabkan oleh obat yang telah dikonsumsi. Liver yang menyerap berbagai macam zat kimia daro obat obatan dan alkohol dapat mengalami kerusakan yang fatal. Untuk itu sebaiknya mengonsumsi air rebusan asam jawa agar terhindar dari masalah liver.

Membantu Program Diet

Asam jawa juga terkenal dapat meluruhkan lemak yang ada pada tubuh. Jadi bagi yang mengalami kelebihan berat badan, sebaiknya menyertakan asam jawa dalam proses dietnya. Kandungan asam hidroksi sitratnya mampu menghambat penyimpanan lemak, dan juga membuangnya mengikuti saluran pencernaan.

Mengobati flu

Gejala ataupun sakit flu dapat diatasi dengan mengonsumsi asam jawa. Kandungan vitamin C yang tinggi dapat menghambat virus dan bakteri yang dapat menyerang kekebalan tubuh.

Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan vitamin B sangat penting dan dibutuhkan bagi otak. Otak akan lebih mudah berkonsentrasi jika memiliki asupan vitamin B yang tinggi. Jadi asam jawa juga dapat dikonsumsi meski tidak memiliki riwayat penyakit yang serius, karena fungsinya yang dapat menyehatkan otak.

Itu tadi beberapa uraian tentang manfaat asam jawa bagi kesehatan. Jadi jangan lupa agar tetap mengonsumsi herbal yang memang benar benar dari alam. Cara membuat air asam jawa sangat mudah, yakni cukup menyeduh asam jawa dengan air panas pada gelas yang disediakan. Minum setiap hari sebanyak satu gelas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *