jual sound system

Intip 5 Jenis Speaker yang Populer untuk Berbagai Acara

Dalam berbagai acara yang terkait dengan pertunjukan panggung, audio sound system menjadi salah bagian yang penting untuk mensukseskan acara. Pemilihan speaker sendiri juga perlu dilakukan dengan seksama, sebelum memutuskan membelinya di toko jual sound system. Berikut beberapa jenis speaker yang populer dan banyak digunakan pada berbagai acara.

Jenis Jenis Speaker yang Banyak Digunakan

1. Woofer

Speaker woofer masuk ke dalam sistem 3 way, karena tidak jarang dalam penggunaannya speaker ini digabungkan dengan jenis tweeter dan mid range. Speaker woofer juga membutuhkan crossover untuk memisahkan frekuensi suara yang berbeda, yang timbul dari setiap speaker yang digabungkan dengannya. Woofer sendiri bekerja sebagai penghasil suara rendah atau bass.

2. Subwoofer

Sama halnya dengan woofer, speaker subwoofer juga menghasilkan suara dengan nada rendah. Namun untuk jenis speaker ini, bekerja pada rentang frekuensi 20 hingga 200 Hz sehingga mampu menghasilkan suara nada rendah atau bass yang lebih berat dari lainnya. Selain itu di toko jual audio sound system, subwoofer memiliki ukuran yang paling besar yaitu 12-21 inchi.

3. Mid Range

Mid range tidak memiliki ukuran yang besar, sehingga speaker ini tidak bisa menghasilkan nada rendah seperti pada woofer maupun subwoofer. Dalam sistem 3 way bersama tweeter dan woofer, mid range bertugas untuk menghasilkan atau memunculkan suara vokal serta suara pada frekuensi menengah lainnya, sehingga lebih jelas terdengar.

Speaker mid range sendiri memiliki diameter kurang lebih 4 hingga 6 inchi saja, sehingga mudah untuk dibawa bawa. Sedangkan frekuensinya berada pada rentang 500 hingga 5000 Hz, sehingga suara yang dihasilkan menjadi terdengar jelas dan lebih terfokus. Tidak heran jika penggunaannya bersamaan dengan woofer menjadi sangat apik.

4. Full Range

Jenis speaker satu ini banyak ditemukan di toko jual audio sound system, sebab pemakaiannya banyak digunakan di panggung musik lapangan, cara nikahan, bahkan karaoke. Ini karena full range mampu mengeluarkan jenis suara tinggi hingga rendah sekaligus. Meski suara yang dihasilkan dari full range tidak bisa maksimal pada frekuensi tertentu.

5. Tweeter

Tweeter merupakan jenis paling kecil dari jenis jenis speaker sebelumnya, diameternya hanya berukuran 0,5 inchi hingga 4 inchi saja. Ukurannya yang kecil tersebut disesuaikan dengan tugasnya yaitu untuk menghasilkan suara dengan frekuensi tinggi. Dimana speaker tweeter mampu memunculkan frekuensi suara di kisaran 3500 Hz hingga 20 Khz.

Karena mampu menghasilkan suara yang tinggi dan melengking seperti pukulan pada cymbals drum, penggunaannya bersamaan dengan woofer dan mid range menjadi sangat tepat. Sehingga suara tinggi, suara rendah, dan suara frekuensi tengah bisa berpadu dengan baik. Tidak heran jika di toko jual audio sound system, ketiganya selalu bisa ditemukan bersama.

Berbagai jenis speaker untuk keperluan sound system ini bisa anda temukan di Goshen Swara Indonesia. Bahkan tidak hanya speaker saja, Goshen juga menyediakan berbagai peralatan sound system lainnya mulai dari mixer audio dan lain lain. Terlebih lagi anda bisa menemukan banyak penawaran menarik dengan harga relatif terjangkau, jika memesan produk di Goshen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!