Cara Merawat Laptop dengan Baik

Banyak para konsumen IT mengeluhkan bahwa laptop yang mereka gunakan lemot, sering hang, bahkan cepat rusak. Hal itu terjadi karena kebanyakan para pengguna tidak bijaksana dalam menggunakan laptopnya. Untuk itu, mari kita bahas Cara Merawat Laptop. Berikut beberapa Cara Merawat Laptop yang baik agar tidak mudah rusak.

Bersihkan Laptop Secara Berkala

Cara Merawat Laptop yang pertama yaitu membersihkan layar laptop secara berkala. Layar laptop yang terbebas dari debu akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi pengguna. Membersihkan layar laptop selain demi kenyamanan, hal ini juga berfungsi untuk mencegah agar debu-debu yang menempel tidak menimbulkan flek sehingga sulit dibersihkan.

Cara membersihkannya cukup dilap dengan kain atau tisu basah minimal satu minggu sekali. Namun apabila sebelum satu minggu sudah banyak debu yang menempel, dapat dibersihkan pada saat itu juga.

Hindari Menaruh Barang Berat di Atas Laptop

Menaruh barang berat di atas laptop dapat memicu kerusakan pada layar laptop terutama LCDnya. Menaruh barang di atas laptop seperti hp, buku, charger laptop, dan lain-lain seringkali tidak disadari hingga menjadi sebuah kebiasaan yang tentunya akan merugikan. Mengingat biaya ganti LCD sangat mahal, maka hati-hati ketika meletakkan suatu barang ya, jangan sampai meletakkan barang di atas laptop.

Jauhkan dari Makanan dan Minuman

Biasanya ketika sedang mengerjakan sesuatu di depan laptop, pasti ditemani dengan berbagai cemilan dan minuman ringan. Tidak ada yang salah, namun perlu hati-hati, agar camilan yang kita makan tidak jatuh ke sela sela keyboard laptop kita.

Untuk mengurangi kemungkinan buruk yang akan terjadi, kita dapat menggunakan pelindung keyboard agar serpihan camilan kita tidak masuk kedalam sela-sela keyboard dan merusak keyboard.

Jangan Dipakai di atas Kasur atau Permukaan yang Empuk

Kebiasaan para pengguna mencari zona nyaman menggunakan laptop dengan cara tengkurap di atas kasur. Hal ini dapat menghambat sirkulasi udara di dalam laptop sehingga menyebabkan overheat, bahkan menyebabkan bagian mesin laptop kita hangus. Ketika sedang beraktifitas menggunakan laptop di atas kasur, sebaiknya menggunakan alas laptop yang berguna sebagai pelancar sirkulasi panas.

Jauhkan Laptop dari Sesuatu yang Basah

Laptop sangat anti dengan yang namanya air atau benda yang membuat basah lainnya. Pada saat tidak digunakan pun, setidaknya laptop berada di tempat yang aman. Bahkan ketika kita dalam perjalanan, sedangkan laptop berada dalam tas ransel kita, usahakan laptop benar benar terlindungi dan tidak terkena setetes air pun. Namun seperti yang pernah saya alami, apabila sudah berusaha melapisi tas dengan mantel namun ternyata masih ada bagian yg tidak sengaja terbuka dan terkena air, maka jangan sekali-sekali langsung menyalakan laptop tersebut. tetap biarkan laptop dalam keadaan mati, dan biarkan sekiranya air yang mengenai laptop kita benar-benar kering. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi konslet pada laptop kita.

Gunakan Laptop Secara Bijaksana dan Sewajarnya

Hal ini biasa dialami oleh mahasiswa semester akhir dan para pekerja yang dikejar deadline. Biasanya para pengguna tersebut menggunakan laptop dalam waktu berjam-jam bahkan seharian penuh tanpa memberi waktu laptop untuk beristirahat.

Secanggih apapun laptop, tetap memerlukan istirahat. Memforsir kerja laptop tanpa istirahat dapat mengurangi kemampuan laptop kita. Gunakan laptop secara bijaksana meskipun deadline sudah di depan mata.

Perhatikan Suhu Laptop

Para pengguna laptop tentunya sudah pernah mengalami posisi laptop tiba-tiba mengalami suhu yang sangat panas bukan? Hal ini dapat mempercepat kerusakan laptop yang digunakan. Cara Merawat Laptop ketika suhu laptop panas, sebaiknya kita tutup beberapa program yang sedang kita kerjakan pada laptop, kemudian kita matikan. Cara ini dilakukan supaya hardware laptop kita tidak hangus karena panas tersebut.

Jangan Langsung Menutup Layar Laptop Saat Dimatikan

Proses Shutdown, tentunya membutuhkan waktu. Jadi ketika kita mematikan laptop, jangan langsung ditutup, tunggu beberapa saat hingga lampu indikator yang ada di laptop semuanya mati terlebuh dahulu. Hal ini juga berfungsi agar panas yang tersisa dari mesin laptop kita tidak mengenai layar LCD kita. Sehingga laptop dapat awet dan tidak mudah rusak.

Jangan Sampai Laptop Lowbatt

Cara Merawat Laptop tentunya tidak membiarkan laptop kita sampai pada daya 0%. Karena batas minimum keadaan batrai laptop kita tidak boleh kurang dari 20%. Sebagai pengguna yang bijaksana tentunya akan memeperhatikan betul keadaan batrai laptop saat akan digunakan. Apabila pada saat dinyalakan batrai tersisa 20% usahakan untuk mengecas terlebih dahulu.

Jangan Gunakan Laptop di Bawah Sinar Matahari

Laptop mengeluarkan panas ketika digunakan. Tentunya akan semakin bertambah panas apabila kita menggunakan laptop di bawah sinar matahari. Untuk itu, carilah tempat teduh saat mengoperasikan laptop atau alat elektronik lainnya.

Hindari Menggunakan Laptop ketika Dicas

Kegiatan seperti ini dapat berakibat buruk bagi batrai laptop kita. Daya tamping batrai akan berkurang, sehingga yang awalnya batrai laptop kita dapat bertahan 2 tahun, namun karena sering digunakan saat dicas jadinya batrai laptop hanya dapat bertahan setahun.

Cara paling efektif untuk menjaga batrai agar awet, yaitu ketika dicas, laptop dalam keadaan mati atau tidak sedang dioperasikan. Hal ini sering diabaikan oleh para pengguna dan sering dianggap sepele.

Jangan Bebani Laptop dengan Software yang tidak Penting

Aplikasi yang ada pada laptop kita seharusnya berisi tentang aplikasi yang sering kita gunakan dan memang diperlukan. Usahakan tidak memenuhi laptop kita dengan aplikasi-aplikasi yang tidak berguna, sehingga laptop kita tidak menjadi cepat lemot ketika digunakan. Untuk itu, mulai dari sekarang prioritaskan aplikasi laptop yang benar-benar kita butuhkan saja.

Jangan Browsing Sembarangan

Para pengguna internet sejati tentunya sangat benci yang namanya virus malware. Virus ini biasanya berasal dari situs-situs yang tidak jelas. Situs ini biasanya kita akses untuk didownload beberapa file yang kita cari, namun ternyata file tersebut membawa virus malware. Agar tidak terjadi hal seperti ini, alangkah baiknya kita mendownload file dari situs yang umum dan terpercaya.

Gunakan antivirus yang Siap Siaga

Usahakan laptop yang kita gunakan dilengkapi dengan antivirus yang dapat melindungi software pada laptop kita dari virus yang merugikan. Virus yang masuk pada laptop kita dapat memakan data data kita tanpa kita sadari. Sehingga kita akan merasa rugi karena telah kehilangan data.

Jangan Gunakan Internet Saat Cuaca Buruk

Internet pada cuaca yang buruk dapat memberi dampak yang buruk pula pada kondisi laptop. Laptop kita akan bekerja berkali-kali lipat untuk mendapatkan apa yang kita akses melalui internet. Hal ini dapat membuat laptop kita lambat dan cepat rusak.

Update OS dan Utility Software Laptop

Melakukan langkah ini dalam rangka mencari Cara Merawat Laptop tergolong cukup penting, karena dapat mencegah virus dari jaringan internet. Semakin sering melakukan update, maka laptop juga akan semakin aman dari virus.

Hindarkan laptop dari anak Kecil

Anak Kecil merupakan sumber kecerian dalam sebuah rumah. Namun, jangan sekali kali melibatkan anak kecil untuk bermain di dekat kita yang sedang menggunakan laptop. Anak kecil ketika dibilangi “jangan” akan diartikan sebagai sebuah perintah. Misalnya, Jangan lari-lari di sini. Maka, anak tersebut akan melakukan hal sebaliknya, yakni berlarian kesana kemari dengan tawa yang khas. Hal ini tentunya akan membahayakan keamanan laptop kita. Untuk itu, jauhkan laptop dari jangkauan anak-anak.

Matikan Laptop Sesuai Aturan

Langsung menekan tombol power untuk mematikan laptop, dapat berpengaruh buruk pada prosesor laptop. Apabila prosesor laptop kita rusak, maka yang terjadi adalah mengganti prosesor tersebut yang artinya kita akan kehilangan seperangkat laptop kita dan isinya.

Cara Merawat Laptop yang bijaksana, yaitu mematikan laptop sesuai dengan prosedur yang benar dan menunggu laptop benar-benar dalam keadaan mati.

Uraian diatas setidaknya dapat kita lakukan agar laptop kita dapat awet dan tidak mudah rusak. Cara merawat laptop dapat dilakukan oleh pengguna dengan berkala. Tidak hanya pada saat ingat saja, namun harus benar-benar diperhatikan. Semoga bermanfaat, sampai jumpa di artikel berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *