Cara Merawat Laptop Baru

Memiliki laptop baru merupakan hal yang menyenangkan. Namun ketika memiliki sesuatu yang baru kita juga harus memiliki komitmen untuk merawatnya agar tetap awet dan tahan lama. Semakin kita fokus merawat laptop sejak dalam keadan baru, maka kondisi laptop akan tetap prima meski sudah bertahun-tahun. Cara merawat laptop baru sebenarnya tidak jauh berbeda dengan laptop lama. Mari kita simak uraian berikut !

Matikan Sesuai Prosedur

Cara merawat laptop baru yang pertama yakni mematikan sesuai dengan prosedur. Dalam keadaan apapun misalnya sedang terburu-buru, tetap usahakan mematikan laptop dengan cara Shutdown yang benar. Jangan sekali kali langsung menutup laptop pada keadaan menyala ataupun langsung menekan tombol on/off. Hal ini dapat merusak kualitas laptop terutama hardisk pada laptop.

Jangan Biarkan Laptop Terlalu Lama Di Dalam Tas

Apabila kita tengah pulang kerja atau sedang bepergian membawa laptop, usahakan saat sampai hal pertama yang kita lakukan adalah mengeluarkan laptop kita dari tas. Laptop jika terlalu lama di dalam tas dapat menyebabkan kerusakan tersendiri pada laptop kita. Kurangi barang bawaan yang ada dalam tas kita ketika membawa laptop di dalamnya.

Unduh Aplikasi Yang Sesuai

Usahakan semua aplikasi yang akan kita install pada laptop kita merupakan aplikasi yang bagus dan dari situs yang terpercaya. Sehingga tidak ada virus berbahaya yang masuk ke dalam laptop yang dapat merusak laptop kita.

Rajin Mengupdate Aplikasi

Mengupdate aplikasi bagi laptop baru sangat penting, karena dapat mendukung daya kerja laptop kita agar lebih maksimal. Mengupdate laptop secara berkala juga dapat memperkecil kerusakan pada sistem operasi windows kita. Kita juga akan mendapatkan fitur-fitur terbaru dari aplikasi yang kita update. Jadi jangan terlalu sayang dengan kuota sehingga melupakan betapa pentingnya mengupdate aplikasi laptop baru kita.

Cabut Perangkat Eksternal Laptop

Saat kita menggunakan laptop baru, mungkin kita menggunakan flashdisk, CD, atau charger secara bersamaan. Sebelum kita mematikan laptop, hendaknya kita eject semua perangkat eksternal yang menancap pada laptop kita agar laptop baru kita menjadi awet dan tidak gampang rusak.

Jangan Lupa Membersihkan Laptop

Laptop yang kita gunakan meskipun dalam kategori laptop baru, juga perlu dijaga kebersihannya dari debu yang mengganggu. Debu-debu yang ada pada laptop jika tidak dibersihkan akan menumpuk dan dapat masuk ke sela-sela keyboard laptop kita. Jadi rajin-rajinlah membersihkan laptop

Nah, itu tadi beberapa cara merawat laptop baru. Semoga bemanfaat.

Baca Juga : Cara Merawat Laptop Tua Agar Tidak Lemot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *