Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet Meski Berpuluh Tahun

Laptop yang awet dan tahan lama tentunya menjadi idaman para pemiliknya. Selain bisa menghemat pengeluaran, memiliki laptop yang awet merupakan suatu kebanggaan tersendiri karena tentunya barang tersebut dapat menjadi sumber cerita bagi anak cucu di kemudian hari. Namun, laptop tersebut ternyata juga memerlukan beberapa perawatan khusus agar tetap dapat digunakan dengan baik.  

Mari kita simak beberapa tips agar laptop yang kita miliki awet dan tahan lama.

 

Rajin Membersihkan Laptop

Laptop tentunya harus bersih dari yang namanya debu. Diakui atau tidak, meskipun dalam keadaan tertutup laptop yang kita biarkan selama 2 hari saja bagian layar laptop akan terlihat kotor dikarenakan debu. Hal ini tentunya mengganggu kenyamanan kita saat akan menggunakan. Debu-debu tersebut juga dapat masuk ke dalam bagian laptop, melalui celah celah keyboard hingga dapat sampai ke bagian mesin. Membersihkan bagian dalam, tentunya harus memiliki pengalaman yang khusus, untuk itu jangan mencoba membersihkan bagian dalam apabila belum pernah melakukannya sendiri.

Jangan Isi Baterai Di Bawah 10%

Agar baterai dapat awet, hendaknya pemilik juga harus dapat bijak dalam menggunakan laptop. Pengisian baterai idealnya ketika mencapai sekitar 10-20%. Jangan biarkan laptop kita mati, kemudian kita baru menghubungkan ke arus listrik. Hal ini dapat menyebabkan kurang optimalnya baterai laptop kita.

Jangan Isi Baterai Semalaman

Pada proses pengisian baterai, arus listrik terus mengalir. Sehingga terkadang panas dari listrik tersebut dapat berpengaruh pada daya tampung baterai laptop kita. Untuk mengatasi hal tersebut, dapat dilakukan dengan membuat alarm atau jam pengingat agar kita tidak lupa atau bahkan ketiduran. Pada pengisian laptop, lebih baik ketika sudah mencapai 90% kita cabut arus listriknya, tanpa harus menunggu 100%. Hal ini dapat mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Jangan Gunakan Cas yang Tidak Orsinil

Pada saat ini, banyak beredar adapter charger yang memiliki kemampuan fast charging. Namun menggunakan Cas yang Orsinil sesuai dengan bawaan laptop kita tentunya lebih baik dan dapat dikatakan lebih aman.

Memberi Kesempatan Baterai 0%

Ternyata dalam dunia teknologi, membiarkan baterai 0% setiap 3 bulan sekali dapat berpengaruh baik yakni untuk menjaga akurasi status battery bar.

Jangan Menggunakan Laptop dengan Cara Dipangku

Menaruh laptop pada benda yang empuk, atau lunak misalnya bantal, kasur, atau di pangkuan dapat mengganggu sirkulasi panas, sehingga dapat menyebabkan overheat. Sebaiknya ketika digunakan laptop berada di tempat yang datar dan tidak empuk atau lunak. Misanya di atas meja. Juga terdapat alat khusus yang dapat kita gunakan yakni dilengkapi kipas pendingin.

Jangan Simpan Laptop Terlalu lama di Dalam Tas

Laptop yang tersimpan di dalam tas, tentunya berada pada posisi portrait (berdiri). Hal ini dapat cepat merusak kualitas laptop.

Jangan Menggunakan Laptop di Ruang Terbuka

Menggunakan laptop di ruang terbuka misalnya di lapangan atau di ruang yang terkena cahaya matahari langsung ternyata dapat membuat ketajaman layar laptop menurun. Sehingga mengurangi kualitas laptop dan akhirnya laptop akan mudah rusak.

Itu tadi 8 kiat yang dapat kita lakukan agar laptop kita awet dan tahan lama. Sebenarnya keawetan laptop juga tergantung pada tingkat penggunaan kita. Sebaiknya laptop tidak 24 jam dalam keadaan digunakan, dan juga tidak sering dibiarkan. Artinya, kita harus bijaksana dalam menggunakan laptop. Karena laptop juga butuh waktu untuk beristirahat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *