Cara Merawat keyboard Laptop Agar Tidak Mudah Rusak

Pada zaman digital seperti ini, tentunya banyak pekerjaan tidak dapat dipisahkan dari alat elektronik, terutama laptop. Sehingga sangat penting untuk menjaga peforma laptop kita agar tidak rusak, baik software maupun hardwarenya.

Salah satu komponen yang menunjang pada laptop kita yakni pada bagian keyboard. Keyboard tergolong perangkat keras yang sangat penting namun juga rawan mengalami kerusakan.

Merawat keyboard sebenarnya sangat mudah, namun ada beberapa diantara kita sering sembrono saat menggunakan laptop. Mari kita simak cara merawat keyboard agar tidak cepat rusak:

Menggunakan Penutup Keyboard

Penutup Keyboard atau keyboard cover sangat penting guna mencegah masuknya debu dan partikel lainnya yang dapat masuk pada celah-celah laptop kita. Sehingga menyebabkan keyboard menjadi tahan lama dan juga terbebas dari ancaman keyboard yang menyangkut pada salah satu hurufnya.

Tekan Sewajarnya

Jangan karena terlalu asik mengetik, sehingga kita dengan semangat yang terlalu tinggi menekan dengan keras. Begitupun ketika bermain game di laptop, usahakan jangan menekan bagian keyboard dengan tenaga yang berlebihan.

Menekan tombol di keyboard dengan tenaga yang berlebih dapat menyebabkan salah satu tombol keyboard tidak berfungsi atau bahkan macet dan menyangkut pada papan dasarnya.

Jangan Menaruh Benda Diatasnya

Saat terburu-buru beranjak dari depan laptop, misalnya karena memanggil seseorang atau kegiatan lain yang terkadang tanpa kita sadari meninggalkan barang di atas keyboard dapat menjadi penyebab utama kerusakan keyboard.

Hal ini juga berpengaruh terhadap kondisi keyboard kita dan juga komponen laptop lainnya. Untuk itu, baik secara sengaja atau tidak sengaja, sebaiknya jangan menaruh benda apapun di atas keyboard kita.

Jauhkan dari Benda Cair

Biasanya saat sedang mengerjakan sesuatu di laptop kita sering menyertakan berbagai makanan dan minuman untuk menemani kita. Hal ini boleh saja dilakukan, asalkan kita sendiri mampu menjamin keamanan keyboard laptop kita.

Air atau cairan lain yang tumpah dan mengenai keyboard kita dapat menyebabkan keyboard menjadi rusak, bahkan tidak berfungsi sama sekali. Jadi pastikan jarak minuman kita cukup aman dari laptop.

Rutin membersihkan Keyboard

Keyboard dapat dibersihkan menggunakan banyak alat. Diantara alat yang digunakan untuk membersihkan keyboard dari debu yakni Sikat gigi, Blash on, Kuas Cat mini, Kuas Masker, dan lain sebagainya. Namun memang ada alat pembersih keyboard yang dijual di toko elektronik atau toko laptop.

Gunakan Keyboard Eksternal saat Bermain Game

Alangkah baiknya jika saat bermain game pada laptop menggunakan keyboar eksternal. Hal ini sangat dianjurkan untuk mengatasi kerusakan keyboard bagi para pecinta game.

Itu tadi beberapa cara merawat keyboard aagar tidak cepat rusak. Sebagai pengguna alat elektronik yang bijaksana, tentunya sudah merupakan sebuah kewajiban untuk menggunakan alat elektronik yang kita miliki secara bijaksana dan sesuai dengan aturan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar