Cara Herbal Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Wajah berminyak menjadi salah satu masalah bagi sebagian besar kaum wanita. Wajah berminyak akan membuat wanita terlihat kusam dan seperti belum mandi. Sekarang banyak sekali krim-krim wajah yang menjanjikan dapat mengatasi kulit berminyak. Namun, bagi kita yang masih awam akan produk-produk yang cocok dengan kulit kita, tentunya kita akan ragu untuk memilih diantara banyak pproduk tersebut.

Dari pada kita bingung harus pilih krim wajah yang mana, mending sekarang kita simak yuk cara herbal mengatasi kulit wajah berminyak

Jeruk nipis / lemon

Cara herbal mengatasi kulit wajah berminyak yang pertama yakni menggunakan jeruk nipis atau lemon. Bagian yang dapat kita ambil dari jeruk adalah airnya. Namun jerik nipis/lemon harus dicampurkan dengan madu dan yogurt terlebih dahulu agar dapat digunakan sebagai masker wajah.

Cara membuatnya, yakni siapkan 2 sendik yogurt, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan air  jeruk. Aduk hingga merata, kemudian balurkan ke seluruh wajah. Cukup dengan waktu 15 menit pemakaian, kemudian bilas dengan air hangat. Campuran dari jeruk dapat mengatasi kulit keriput, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan wajah, serta menghilangkan minyak pada wajah.

Timun

Mentimun mengandung antioksidan yang dapat memberi nutrisi pada kulit. Caranya cukup mudah, potong irisan mentimun yang sebelumnya telah didinginkan. Gosokkan irisan mentimun tersebut pada wajah kita. Sebaiknya lakukan ini setiap hari agar hasilnya pun menjadi maksimal.

Es Batu

Efek dingin yang diberikan es batu ternyata sangat bermanfaat apabila es batu tersebut digosokkan pada wajah kita. Pori-pori kulit akan mengecil, sehingga minyak yang dikeluarkan tidak banyak. Tidak hanya itu, es batu juga dapat mengatasi peradangan jerawat, membuang sel kulit mati, dan juga mengatasi lingkaran hitam di sekitar mata. Waktu ketika kita melakukan terapi ini yaitu cukup 30 menit dalam satu hari.

Bubuk Kopi

Kopi apabila dikolaborasikan dengan air lemon akan bermanfaat bagi wajah yang memiliki minyak berlebih. Masker lemon dan kopi dapat digunakan secara rutin sebelum tidur. Cukup tunggu hingga masker kopi kering, kemudian bilas dengan air.

Putih Telur

Putih telur dan bubuk coklat jika dicampur dapat menjadi masker yang ampuh mengatasi kulit berminyak. Cukup kocok putih telur hingga merata, kemudian tambahkan 2 sendok bubuk coklat. Aduk hingga mengental. Kemudian oleskan ke seluruh permukaan wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

Tomat

Tomat mengandung antioksidan yang dapat mencerahkan wajah, dan menghilangkan minyak berlebih pada wajah. Tomat juga dapat melindungi wajah dari sinar UV. Cara membuatnya juga sangat mudah. Yakni haluskan tomat dengan ulekan atau blender hingga menjadi bubur tomat. Kemudian balurkan pada wajah secara merata. Gunakan selama 30 menit, dan bilas dengan air.

Bengkoang

Selain dapat memutihkan kulit, bengkoang juga mengandung vitamin B dan C yang dapat menyegarkan wajah. Sehingga minyak pada wajah dapat diatasi dengan masker bengkoang. Cukup parut bengkoang secukupnya, kemudian balurkan pada pemukaan wajah kita. Gunakan selama kurang lebih 30 menit untuk hasil yang maksimal.

 

Itu tadi beberapa cara herbal mengatasi kulit wajah berminyak. Hal sederhana yang mampu kita lakukan tanpa bingung memilih krim wajah yang cocok. Kita juga akan terhindar dari berbagai bahan kimia yang dapat menimbulkan efek samping di hari yang akan datang. Merawat kulit yang berminyak tentunya juga harus dibarengi dengan rajin mencuci wajah, sehingga wajah akan terhindar dari minyak dan terjaga kelembaban serta kebersihannya. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!