Bentuk Perut Six-Pack dengan Rajin Site Up

Salah satu jenis olahraga yang sudah dikenalkan sejak di SD adalah site up. Olahraga ini tidak membutuhkan alat, namun dapat membentuk tubuh, terutama bagian perut. Site Up dapat dilakukan oleh siapa saja, mulai dari anak usia SD hingga orang dewasa. Olahraga ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, baik di dalam ruangan, atau di luar ruangan.

Biasanya para lelaki melakukan site up untuk mendapat bentuk perut yang six-pack, karena memang menghindarkan dari perut buncit dan dapat membakar kalori. Site up juga bermanfaat bagi wanita untuk mengatasi nyeri saat akan menstruasi. Dengan melakukan site up maka tubuh akan aktif bergerak serta sirkulasi darah menjadi lancar.

Berikut manfaat site up bagi para lelaki dan perempuan:

  • Melancarkan aliran darah
  • Menyehatkan Jantung
  • Membentuk otot perut
  • Memperbesar volume payudara
  • Mengurangi nyeri saat menstruasi
  • Menurunkan berat badan
  • Membentuk Pinggul
  • Menegapkan tubuh agar tidak bungkuk
  • Mencegah penyakit kronis, seperti : Kolestrol, Diabetes, Hipertensi, Jantung, dan lain-lain.

Manfaat site up dapat dirasakan ketika kita benar melakukannya. Karena jika kita salah dalam melakukan site up, bukannya malah sehat, namun tubuh justru merasakan sakit yang tidak karuan.

Berikut cara melakukan site up yang benar :

  1. Berbaring di tempat yang rata, usahakan berbaring di atas matras, untuk mengurangi cidera pada tulang belakang.
  2. Tekuklah lutut hingga membentuk sudut 90 derajat, dengan posisi kaki menyentuh lantai.
  3. Letakkan tangan di belakang kepala, yakni area sekitar leher. Dapat juga tangan disilangkan di atas dada.
  4. Angkat tubuh mendekati lutut, dengan posisi kaki yang tetap. Usahakan bagan punggung ikut terangkat seluruhnya untuk menghindari cidera. Saat mengangkat tubuh usahakan menghembuskan nafas, bukan menarik napas.
  5. Setelah itu turunkan tubuh pada posisi awal. Dan tarik napas.

Lakukan ini sebanyak kemampuan yang dimiliki. Jika sudah lelah, beristirahatlah sejenak, kemudian dapat dilakukan kembali.

Sebaiknya site up dilakukan dua jam setelah makan, sehingga makanan sudah tercerna dan sudah tidak berada dalam lambung. Jika makanan masih berada dalam lambung, tubuh akan terasa begah dan sulit untuk melakukan site up. Perhatikan juga tempo, napas, dan juga kondisi tubuh saat melakukan site up.

Tinggalkan komentar