Atasi Mimisan Dengan Cara Alami

Bagi anda yang sering mengalami mimisan secara tiba-tiba, sebaiknya simak beberapa cara alami mengatasi mimisan sehingga terhindar dari obat kimia dengan langkah berikut :

Bawang Merah

Cara yang pertama yaitu menggunakan bawang merah. Aroma pedas yang dimiliki bawang merah dapat dimanfaatkan untuk menghentikan pendarahan. Yakni dengan mengiris bawang merah kemudian meneteskan airnya ke dalam hidung agar pendarahan dalam hidung segera berhenti.

Es Batu

Es Batu sudah menjadi hal yang umum untuk mengatasi mimisan ataupun jenis pendarahan lainnya. Rasa dingin yang diberikan mampu membekukan pembuluh darah sehingga dapat meredakan peregangan dan pendarahan yang terjadi.
Cara menggunakannya yakni dengan mengompreskan es batu pada hidung yang mengalami mimisan. Gosok dan tekan secara lembut dan lakukan ini berpindah-pindah sisi.

Daun Ketumbar

Daun herbal satu ini dapat mengatasi peradangan karena memberi efek dingin sehingga dapat meredakan pendarahan yang terjadi. Cara menggunakannya yakni dengan menumbuk daun ketumbar, kemudian ambil airnya dan teteskan pada hidung yang mengalami pendarahan.

Daun Sirih

Cara selanjutnya untuk mengatasi mimisan yakni dengan menggunakan daun sirih. Daun sirih mengandung tanin yang dapat menghentikan proses pendaharan dengan cepat dan juga dapat menyembuhkan luka.
Cara menggunakannya yakni dengan menggulung 1 helai daun sirih, kemudian masukkan pada lubang hidung. Tekan dengan lembut hingga pendarahan berhenti.

Cuka sari Apel

Bahan ini juga dikenal sangat efektif untuk mengatasi mimisan. Cuka apel dapat menyempitkan pembuluh darah yang telah pecah. Cara menggunakannya yakni dengan mencelupkan cotton bud pada cuka apel, kemudian masukkan pada hidung hingga 5-10 menit lamanya.

Daun Nettle

Cara herbal lainnya yakni dengan daun nettle. Caranya yaitu dengan menyeduh daun nettle yang masih segar, kemudian mengoleskan air tersebut menggunakan cotton bud ke dalam lubang hidung. Biarkan hingga pendarahan behenti.

Air Garam

Air garam terkenal mampu melembabkan segala sesuatu yang kering. karena mimisan salah satunya disebabkan oleh hidung yang kering, maka kondisi ini dapat diatasi dengan menggunakan air garam.
Caranya yakni dengan memasukkan beberapa tetes air garam pada hidung, biarkan hingga hidung merasa lembab kembali.

Makan Makanan yang mengandung Vitamin K

Untuk mencegah teradinya mimisan yang akan datang di kemudian hari, sebaiknya rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K. Vitamin ini biasa didapat dari Bayam, Sawi, Kol, dan sayur lainnya yang membantu tubuh memproduksi kolagen. Vitamin K juga dapat berjaga-jaga untuk mempercepat pembekuan darah ketika terjadi pendarahan, misalnya mimisan.

Makan Makanan yang mengandung Vitamin C

Pembuluh darah dapat menjadi tidak mudah pecah jika rajin mengonsumsi vitamin C. Sehingga dapat memperkuat imun tubuh untuk mencegah berbagai macam peradangan dan pendarahan.

Daun Jelatang

Orang pada jaman dahulu sudah sangat akrab dengan daun ini untuk mengobati mimisan. Ada dua cara menggunakannya, yakni dapat dengan memasukkan langsung pada lubang hidung kemudian ditekan perlahan hingga darah berhenti keluar, atau dengan meneteskan air yang berasal dari daun jelatang yang telah dihaluskan sebelumnya pada hidung.

Itu tadi beberapa cara alami, mengatasi pendarahan pada hidung atau biasa dikenal dengan mimisan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar

error: Content is protected !!