Atasi Batuk Kering dan Gatal dengan Bahan Herbal Berikut!

Batuk memang memeberi rasa yang sangat tidak nyaman, terutama saat tidur. Terdapat dua macam batuk, yakni batuk berdahak dan juga batuk kering. Kali ini kita akan membahas tentang batuk kering.

Batuk kering merupakan batuk yang sangat menyakitkan, karena terasa kering di tenggorokan tanpa adanya lendir atau dahak. Batuk kering bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya flu, merokok, asap kendaraan dan juga penyakit lainnya.

Batuk kering dapat menyerang berbagai usia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Batuk kering bisanya memiliki gejala rasa gatal di bagian tenggorokan yang meski diberi air putih pun tidak menghilangkan rasa gatal tersebut.

Berikut beberapa cara alami yang dilakukan untuk meredakan batuk kering dengan berbagai bahan yang tersedia di dapur:

Jahe

Batuk kering juga merupakan salah satu dari gejala flu yang akan menyerang. Kandungan yang terdapat pada jahe bisa dijadikan obat alami untuk meredakan batuk kering.

cara menggunakannya yakni dengan menyeduh jahe yang telah digeprek atau diiris tipis dengan air panas. Minum air tersebut tanpa menggunakan gula. Minum selagi hangat, guna meredakan gatal di tenggorokan yang disebabkan oleh batuk kering.

Madu

Salah satu bahan alami yang memiliki sejuta khasiat selain untuk kecantikan madu juga dapat meredakan batuk kering . Kandungan antibakteri pada madu dapat meredakan batuk kering dengan alami. hal ini disebabkan karena bakteri yang ada pada tenggorokan dihilangkan oleh madu.

Cara menggunakannya yakni dengan mencampur 2 sendok makan madu dengan segelas air hangat. Aduk sampai tercampur rata. Atau dapat juga dengan langsung meminum 2 sendok madu asli, kemudian diikkuti dengan air putih sesudahnya.

Bawang Putih

Bagi sebagian orang mengonsumsi bawang putih mentah mungkin hal yang tabu dan tidak lazim. Namun jangan salah, mengonsumsi bawang putih mentah dapat mengatasi batuk kering dengan cepat.

Caranya yakni dengan mengunyah bawang putih kemudian menelannya. Cara lain yang dapat digunakan yakni dengan menyeduh bawang putih dengan air panas dan meminumnya saat air masih hangat.

Air Garam

Seduhan air garam hangat juga sangat direkomendasikan bagi penderita batuk kering. Hal ini karena garam mengandung antiseptik dan juga bersifat menyerap air.

Caranya yakni dengan menggunakan larutan garam hangat untuk berkumur hingga pangkal tenggorokan, namun usahakan jangan sampai tertelan. Berkumurlah secara rutin hingga batuk kering reda.

Sup Hangat

Batuk kering dapat juga diatasi dengan sup hangat dengan campuran banyak bawang putih. Sup yang memiliki rasa hangat ini membuat gatal di tenggorokan menjadi reda dan merasa lega. Berbagai bakteri juga kabur karena kandungan bawang putih pada sup bekerja dengan baik.

Teh Lada Hitam

Ramuan teh lada hitam juga dipercaya mampu mengatasi batu kering. Caranya yakni dengan menyeduh 2 sendok teh lada hitam dengan air panas dan juga campurkan madu. Kemudian minum selagi hangat.

Jeruk Nipis

Cara selanjutnya yang dapat dicoba untuk mengatasi batuk kering yakni menggunakan air jeruk nipis. Caranya yakni dengan menyeduh air jeruk nipis dengan air panas. Tambahkan satu sendok madu asli kemudian aduk hingga rata. Minum ketika masih hangat kuku.

Selain beberapa cara di atas, tentunya mencegah makan dan minum berbagai makanan dan minuman juga harus dikendalikan. Hindari makan gorengan dan hindari pula minuman yang mengandung pemanis buatan.

Tinggalkan komentar