PABX murah

Apakah Kantor Anda Sudah Menggunakan Sistem PABX?

PABX atau Private Branch Exchange merupakan  suatu alat yang digunakan untuk menyambung telepon yang memerlukan percabangan. Biasanya, PBX digunakan di perkantoran yang memang memiliki banyak telepon sehingga membutuhkan percabangan untuk komunikasi internal.  Oleh sebab itu, banyak yang belum mengetahui manfaat dari peralatan ini.

Benarkah perangkat PABX mahal?

Meskipun perangkat PABX banyak digunakan di area perkantoran tapi jangan beranggapan jika semua perangkat PABX memiliki harga yang sangat mahal. Memang ada perangkat PABX yang bisa mencapai harga hingga puluhan juta Rupiah namun ada juga PABX murah yang berharga dibawah Rp1 juta.Semua itu tergantung fungsi dan juga kualitas yang ditawarkannya. Semakin lengkap fitur-fitur yang dimilikinya maka harganya akan semakin mahal. Selain itu, mereka juga turut mempengaruhi harga.Peralatan PABX yang diproduksi perusahaan ternama biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan produk serupa tapi dari merek yang berbeda.Namun, hal tersebut sebenarnya tidak terlalu mempengaruhi kualitas produk walaupun terkadang merek-merek ternama masih dianggap memiliki jaminan kualitas yang bagus.

Fungsi perangkat PABX

Sebenarnya, di pasaran terdapat beberapa tipe peralatan PABX. Tipe-tipe tersebut akan sangat mempengaruhi harga peralatan karena tiap tipe PABX memiliki teknologi yang berbeda. Namun, walaupun berbeda, secara umum tiap perangkat PABX memiliki 4 fungsi dasar yaitu sebagai berikut.

  1. Menghubungkan telepon antara telepon yang masih berada dalam satu sistem jaringan.
  2. Menjaga sambungan selama telepon digunakan.
  3. Mematikan sambungan telepon sesuai perintah penggunanya.
  4. Menyediakan berbagai informasi penting untuk kepentingan asuransi. Sebagai contoh menunjukan berapa lama waktu panggilan telepon atau musterring call.

Jika dilihat dari fungsi dasarnya maka jika kantor Anda hanya memiliki karyawan dalam jumlah yang sedikit maka Anda tidak memerlukan peralatan PABX yang terlalu mahal. Peralatan PABX murah pun sekiranya sudah cukup. Selain itu, peralatan PABX yang mahal biasanya juga membutuhkan daya listrik yang lebih besar sehingga hal tersebut akan semakin menambah beban keuangan. Oleh sebab itu, sebaiknya sebelum membeli peralatan PABX, Anda harus melihat skala kantor terlebih dahulu.

Keuntungan menggunakan PABX

Jika kantor Anda termasuk kantor yang sibuk, sering melakukan panggilan telepon antar sesama pegawai maka menggunakan peralatan PABX merupakan pilihan yang tepat. Perlu diketahui, dengan menggunakan peralatan tersebut kantor Anda tidak hanya meningkatkan efisiensi waktu tapi juga yang lainnya. berikut beberapa manfaat penggunaan PABX yang bisa Anda rasakan.

1.   Menghemat biaya

Menggunakan PABX bisa mengurangi biaya telekomunikasi lewat telepon. Perlu diketahui jika biaya jaringan pribadi (seperti yang dipasang di kantor) melalui jaringan publik akan dibebani biaya komunikasi yang lebih ringan dibandingkan dengan tarif biasa. Bahkan, jika dikelola oleh operator maka kantor Anda bisa menikmati layanan secara gratis.

2.   Komunikasi lebih efektif dan stabil

Dengan biaya komunikasi yang lebih rendah maka komunikasi bisa berjalan dengan lebih efektif.Segala pekerjaan bisa dikerjakan lebih cepat karena komunikasi antar pegawai bisa lebih efisien dan stabil.

3.   Lebih aman dan terkontrol

Dari sisi keamanan, data pembicaraan dan biaya panggilan dapat dilihat dan dibebankan kepada satu nomor saja sehingga biaya komunikasi bisa lebih dikontrol.Selain itu, data pembicaraan juga tidak mudah diketahui orang luar sehingga keamanan perusahaan bisa lebih terjamin.

Dilihat dari fungsi dan keuntungan yang bisa diperoleh dari peralatan ini maka memasang PABX bisa menjadi suatu investasi jangka panjang bagi bisnis Anda. Dengan masa pakai yang bisa mencapai 10 tahun maka peralatan tersebut tidak akan terlalu mengganggu keuangan Anda. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!