apa itu k3

Apa Itu K3? Apa Tujuannya dan Apa Saja Jenis-Jenisnya?

Melakukan sebuah pekerjaan apapun itu pasti ada rules yang penting untuk diperhatikan. Karena rules ini akan bisa menjaga keselamatan kita selama bekerja. Dalam dunia pekerjaan rules ini dikenal dengan Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja atau K3. Nah apa itu K3?

Menurut keilmuan apa itu K3, K3 dikenal dengan sebuah ilmu pengetahuan yang diterapkan sebagai usaha pencegahan agar tidak terjadi sebuah kecelakaan dan timbulnya berbagai penyakit yang diakibatkan oleh kerja yang dilakukan.

Sedangkan berdasarkan filosofis, K3 merupakan sebuah usaha yang perlu untuk dilaksanakan guna menjaga atau memastikan jika seseorang dalam bekerja terjamin aman secara jasmani serta rohani, baik secara individu maupun masyarakat secara umum.

K3 sendiri sudah ditetapkan dalam perundang-undangan di Indonesia pasal Ketenagakerjaan yang dituliskan pada Nomor 13 pada tahun 2003 pasal 87. Yang mana K3 wajib dilakukan atau dilaksanakan di semua perusahaan yang didalamnya terdapat tenaga kerja yang sedang melakukan produksi.

Apa Itu K3 Menurut WHO?

WHO juga berperan dalam menggerakkan K3 dalam sebuah perusahaan, berdasarkan WHO K3 yaitu sebuah usaha yang dilakukan dengan tujuan untuk peningkatan dan pemeliharaan kesehatan fisik seseorang. Tidak hanya itu tapi secara psikologis dan sosial juga terpelihara, yang mana hal tersebut dibutuhkan jaminannya selama seseorang melakukan sebuah pekerjaan. Dan sebuah perusahaan perlu menciptakan standar kerja yang sesuai dengan K3 dalam rangka melindungi keselamatan kerja dan memberikan perlindungan dari berbagai resiko pekerjaan yang merugikan kesehatan seseorang.

Apa Fungsi dari K3?

Setelah kita mengetahui apa itu K3, agar dapat melaksanakannya secara optimal kamu perlu mengetahui fungsi dari K3 itu sendiri. Berikut fungsinya K3 secara umum yang patut kamu ketahui.

  1. Berguna untuk pedoman dalam mengidentifikasi, menilai berbagai resiko serta bahaya yang mengancam keselamatan, kesehatan, dan keamanan yang ada di lingkungan pekerjaan.
  2. K3 akan ikut andil dalam perencanaan, rancang bangun tempat kerja, serta proses pelaksanaan sebuah pekerjaan.
  3. K3 juga bisa kamu gunakan untuk memantau kesehatan kerja dan keselamatan mereka selama menjalankan pekerjaannya.
  4. K3 bisa digunakan sebagai metode pengendalian berbagai bahaya, kemudian prosedur mengatasi bahaya tersebut dan program yang perlu dilakukan.
  5. K3 juga mempunyai ukuran keefektifannya, dengan begitu kamu bisa melaksanakan berbagai program pengendalian dan tindakan yang perlu dilakukan untuk mengendalikannya.

Apa Tujuan Dilaksanakan K3?

Berdasarkan undang-undang ketenagakerjaan tentang keselamatan kerja yaitu UU Nomor 1 pada tahun 1970., K3 bertujuan sebagai langkah pencegahan terjadinya sebuah kecelakaan kerja dan berbagai penyakit yang disebabkan oleh kerja yang dilakukan sesorang. Dan K3 bertujuan memberikan perlindungan ke seluruh subjek produksi agar pekerjaan dapat dilakukan secara lebih efektif.

Berbagai Jenis Bahaya yang Ada di K3

Edukasi apa itu K3, kemudian tujuannya, prosedur melakukannya penting untuk diketahui semua orang yang bekerja dimanapun itu. Nah berikut ini juga penting untuk diketahui jenis-jenis bahaya yang ada dalam penanganan K3.

1. Jenis Kimia

Dalam K3 juga melindungi pekerja yang berhubungan dengan berbagai bahan kimia yang bisa mengganggu kesehatan ketika terjadi kontak dengan manusia. Misalnya: bahan kimia yang berbentuk gas yang beracun, bahan kimia yang menghasilkan abu ketika dibakar, dan limbah bahan kimia hasil proses produksi.

2. Jenis Fisika

Tidak hanya kimia tapi K3 juga memberikan prosedur perlindungan terhadap berbagai jenis bahaya fisika seperti temperature yang terlalu ekstrim, kemudiaan polusi suara, dan adanya udara sekita perusahaan yang tidak sehat.

3. Jenis Kerja

Sedangkan bahaya yang satu ini asalnya dari berbagai pekerjaan yang memicu kerusakan baik itu terhadap kesehatan dan ancaman yang diberikan ke pekerja. Seperti penerangan yang minim, pekerjaan pada ketinggian yang minim perlindungan sehingga bisa mengakibatkan cedera, dan berbagai peralatan yang tidak sesuai keselamatan sehingga rawan terjadi kecelakaan kerja.

Demikian ulasan singkat terkait apa itu K3, tujuannya, dan berbagai jenis bahaya yang membutuhkan K3 di dalamnya. Kita sebagai pekerja harus selalu teredukasi malah K3 agar kita tetap bisa bekerja dengan aman, nyaman, dan terlindungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!