7 Manfaat Terong Pipit Bagi Kesehatan

Berawal dari rasa penasaran penulis tentang tanaman yang satu ini, karena tanaman ini tumbuh subur di depan kelas tempat penulis mengajar. Awalnya saya kira semacam buah ciplukan, namun setelah bertanya pada yang menanam, malah beliau tertawa dan dibilangi, kalau itu bukan tanaman jenis ciplukan, tapi namanya Terong Pipit. Langsung saja saya tertawa karena tidak menyangka ada terong yang berbentuk seperti itu.

Terong pipit memang tidak seperti terong pada umumnya, karena terong pipit memiliki bentuk bulat kecil dan berwarna hijau, ukuran buahnya pun sebesar buah ciplukan. Tanaman ini memang tidak banyak dikenal orang, namun sangat familiar di daerah kalimantan.

Terong pipit ternyata juga dapat dimakan secara langsung, tanpa dimasak terlebih dahulu. Memang, bagi yang tidak terbiasa mungkin akan merasa aneh dengan rasa yang diberikan. Namun terong pipit juga dapat diolah sebagaimana mengolah terong lainnya untuk dijadikan makanan pendamping nasi.

Meski dengan ukurannya yang kecil, terong pipit memiliki segudang khasiat yang patut untuk diketahui lho. Khasiat tersebut sesuai dengan zat yang dikandung terong pipit. Beberapa zat tersebut diantaranya : Vitamin K, Niacin, Tiamin, Nasunin, Riboflavin, Folat, dan juga vitamin E.

Berikut manfaat terong pipit bagi kesehatan yang patut untuk disimak!

Mencegah Anemia

Bagi yang beresiko terkena anemia, seperti yang sering lembur hingga larut malam, dan malas berolahraga sebaiknya mengonsumsi terong pipit untuk menambah zat besi, sehingga terhindar dari anemia.

Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit ini merupakan penyakit yang tergolong berbahaya, karena dapat menyebabkan kematian jika terlalu parah dan dibiarkan. Nutrisi yang terkandung pada terong pipit dapet membuat jantung bekerja dengan normal. Sehingga terhindar dari gagal jantung.

Mensukseskan Program Diet

Bagi wanita yang sedang melakukan program diet, terung pipit menjadi salah satu alternatif yang patut dicoba. Caranya yakni dengan mengonsumsi buah terong pipit dengan dijadikan sebagai tumis dan tanpa ditemani nasi. Hal ini karena terong pipit kaya akan serat, sehingga dapat membuat pencernaan menjadi lancar dan menguragi lemak pada tubuh.

Mengatasi Kecanduan Rokok

Orang yang sudah tidak bisa lepas dari rokok, mungkin dapat mencoba cara ini. Meski tidak dapat mengatasi kecanduan hingga tidak lagi merokok, setidaknya terong pipit membuat perokok mengurangi rokok dengan perlahan.

Mencegah Diabetes

Kadar gula yang berlebih pada darah atau biasa disebut diabetes ternyata dapat diatasi dengan rajin mengonsumsi terong pipit. Buah ini jika dikonsumsi secara rutin dapat mengurangi gula dala darah yang dapat merusak organ tubuh lainnya jika dibiarkan saja.

Meningkatkan Kecerdasan

Sistem kerja otak juga dapat semakin meningkat jika menggunakan terong pipit sebagai asupan harian. Gizi yang disumbangkan menjadikan nutrisi tersendiri yang dibutuhkan otak untuk berkembang.

Menambah Vitalitas Pria

Bagi pria yang mengalami kurang semangat dalam menghadapi kegiatan sehari-hari yang padat, sebaiknya mengonsumsi terong pipit agar kembali bersemangat. Kandungan terong pipit mampu menjadi nutrisi tersendiri yang sangat dibutuhkan oleh pria. Nutrisi tersebut dapat memicu hormon yang ada pada pria sehingga hormon sesuai dengan tenaga yang akan dikeluarkan.

Itulah 7 manfaat terong pipit bagi kesehatan, jadi bagi yang masih bingung akan manfaat dari terong pipit semoga sudah paham karena sudah membaca sedikit ulasan dari terong pipit.

Berbagai macam olahan dapat dicoba di rumah, mulai dari tumis terong pipit, sayur lodeh terong pipit, bahkan sambal mentah terong pipit. Atau jika anda memiliki kreasi lainnya bisa dicoba di rumah. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar