7 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita

Bagi masyarakat saat ini olahraga merupakan hal yang sangat sulit untuk digemari. Masyarakat terutama kaum muda telah terisolasi oleh kata-kata “mager” atau malas gerak. Hal ini tentunya berefek negatif bagi kesehatan.

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang sebetulnya sangat menyenangkan dan juga menyehatkan. Tidak hanya itu, bersepeda juga bisa memberi manfaat yang luar biasa untuk kesehatan mental seseorang.

Bersepeda dengan benar dapat memberi manfaat yang maksimal. Dan juga kita akan terhindar dari berbagai insiden yang mungkin terjadi. Teknik dasar bersepeda dengan benar yakni dengan memperhatikan irama kayuhan, menyesuaikan sepeda dengan postur tubuh, posisikan tubuh dengan benar, memilih rute bersepeda yang sesuai, dan yang terakhir yakni memperhatikan keamanan dan keselamatan.

Setelah mengetahui hal yang harus diperhatikan saat bersepeda, kini mari kita simak 7 Manfaat bersepeda bagi wanita:

Mengatasi Nyeri Saat Haid

Olahraga bersepeda sangat baik dilakukan wanita yang sedang mengalami menstruasi. Hal ini karena bersepeda dapat membuat sirkulasi darah dalam tubuh menjadi lebih lancar dan oksigen dapat tersalurkan ke semua anggota tubuh. Namun jangan terlalu lama melakukannya, agar tidak menimbulkan kelelahan yang tidak wajar.

Mengatasi Berat Badan yang Berlebih

Semua wanita tentunya menginginkan berat badan yang ideal. Berbagai macam diet telah dilakukan oleh wanita yang memiliki kelebihan berat badan. Kini dengan bersepeda dapat menjadi salah satu pilihan olahraga untuk menurunkan berat badan. Kalori yang ada pada tubuh dapat tebakar sebanyak 400-1000 kalori hanya dengan bersepeda selama 1 jam.

Membentuk Otot Kaki

Paha belakang, paha depan, dan betis dapat terbentuk dengan baik. Otot kaki akan terlihat lebih kencang dan ramping. Sehingga akan menunjang penampilan para wanita, karena saat berdiri kaki akan terlihat lebih jenjang dan proporsional dengan badan.

Mencegah Sel Kanker

Dengan rajin bersepeda maka akan terhindar dari resiko terkena kanker payudara. Karena saat bersepeda dapat memperlancar aliran darah terutama darah yang menuju payudara.

Menjaga Kekuatan Sendi

Gangguan sendi biasanya lebih mudah menyerang pada wanita, terutama yang memiliki postur badan yang gemuk. Dengan rajin bersepeda maka sendi akan semakin sehat dan terhindar dari masalah kesemutan yang sangat mengganggu.

Mengatasi Insomnia

Bersepeda bagi wanita ternyata dapat menenangkan saraf sehingga membuat tidur lebih nyenyak. Bagi yang sering merasa sulit tidur di malam hari, sebaiknya rajin melakukan olahraga bersepeda.

Menjaga Kesehatan Mental

Hormon wanita tentunya mengalami naik dan turun. Hal ini dapat menyababkan stres, depresi, kecemasan, dan gangguan yang menyerang mental lainnya. Olahraga bersepeda dapat memicu oksigen yang masuk ke dalam otak berjalan dengan baik. Sehingga otak akan menjadi rilex dan terasa nyaman dalam segala aktivitas.

Tubuh yang aktif bergerak akan mudah terhindar dari berbagai penyakit yang akan menyerang. Untuk itu usahakan meluangkan waktu untuk berolahraga, terutama bersepeda. Hal ini dapat dimulai dengan berangkat ke tempat kerja menggunakan sepeda kayuh, apabila tempat kita bekerja dekat dengan jangkauan. Dengan begitu, secara tidak langsung kita sudah menerapkan hidup sehat.

Tinggalkan komentar