7 Manfaat Air Rendaman Kapulaga Bagi Kesehatan

Salah satu jenis tanaman yang berkhasiat di dunia kesehatan yaitu kapulaga. Tanaman ini merupakan rempah yang juga kaya akan khasiat. Kapulaga merupakan biji dari keluarga jahe-jahean yang memiliki bentuk gelendong kumparan dan biji hitam kecil di dalamnya.

Tanaman ini mudah tumbuh di daerah bangladesh, Bhutan, Indonesia, Pakistan, Nepal, dan juga India. Terdapat dua jenis kapulaga yang di gunakan di Indonesia, yang pertama yaitu kapulaga yang asli Indonesia dan yang kedua yakni kapulaga asli India.

Karena tergolong sebagai rempah, kapulaga sering digunakan sebagai bumbu masakan. Namun selain itu kapulaga digunakan sebagai campuran jamu atau obat tradisional dan terkenal sebagai anti-depresan.

Kandungan vitamin, mineral, dan serat yang tinggi menjadikan kapulaga sebagai bagian yang sangat penting dalam dunia kesehatan. Berbagai khasiat juga dapat dirasakan setelah meminum air kapulaga tersebut.

Berikut 7 manfaat kapulaga bagi kesehatan:

Mengatasi Keputihan

Keputihan yang dimaksud yakni keputihan yang parah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya keputihan yang sudah parah memiliki baru yang menyengat dan warna putih pekat hampir kehijau-hijauan. Lendir tersebut keluar dalam volume yang banyak, baik menjelang menstruasi atau pada hari-hari biasa.

Kandungan pada kapulaga dapat membuat keputihan tersebut berkurang dan berangsur-angsur pulih, bahkan masalah rahim lainnya juga dapat diatasi dengan menggunakan air ramuan kapulaga. Cara menggunakannya yakni dengan menyeduh 7 butir kapulaga dengan air panas, biarkan selama 30 menit, kemudian minum air tersebut 3 kali sehari sebagai penyembuhan.

Mengobati Hipertensi

Hipertensi atau biasa dikenal dengan tekanan darah inggi dapat diatasi dengan mengonsumsi air ramuan kapulaga. Memang air tersebut tidak dapat menurunkan kadar hipertensi secara langsung, namun membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 3 bulan untuk sebuh total dari hipertensi.

Cara menggunakannya yakni dengan meminum air rendaman kapulaga rutin setiap hari 3 kali. Lakukan kegiatan ini selama kurang lebih 12 minggu agar hasilnya terasa. Serta imbangi hal tersebut dengan menerapkan hidup sehat.

Mencegah Penyakit Kronis

Penyakit kronis kebanyakan dialami karena infeksi yang dibiarkan pada organ tubuh tertentu. Infeksi tersebut dapat disebabkan oleh bakteri maupun virus. Mencegah jauh lebih baik dari mengobati, maka dari itu sebaiknya kita juga mengonsumsi air rendaman kapulaga sebagai tindakan pencegahan terhadap penyakit kronis yang dapat timbul akibat pola hidup kita yang sebenarnya kurang sehat.

Melancarkan Pencernaan

Masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung, atau diare juga dapat diatasi dengan rendaman kapulaga. Kandungan di dalamnya mampu membuat perut menjadi nyaman karena proses detoksifikasi yang dilakukan.

Menyehatkan Jantung

Jika kapulaga dapat mengatasi hipertensi, tentunya jantung juga dapat berfungsi secara optimal. Sehingga terjamin akan kesehatannya. Aliran darah akan lebih lancar sehingga mudah terpompa oleh jantung.

Menyehatkan Mulut

Berbagai macam penyakit atau gangguan mulut seperti bau mulut, gusi bengkak, atau sakit gigi juga dapat diatasi menggunakan air kapulaga. Caranya yakni membuat kumur air kapulaga kemudian meminum sebagian air yang lainnya.

Mencegah Kanker

Kapulaga mengandung antibiotik yang dapat melawan berbagai virus atau zat lain yang menyebabkan kanker. Air kapulaga cukup diminum sebanyak 2 kali sehari untuk pencegahan. Imun tubuh juga dapat bertambah dengan mengonsumsi air rendaman kepulaga.

Uraian di atas merupakan 7 manfaat air rendaman kapulaga bagi kesehatan yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan membudayakan hidup sehat, maka ancaman dari berbagai masalah kesehatan dapat dihindari.

Tinggalkan komentar