6 Tips Memilih Jurusan Kuliah Secara Cermat

Anak SMA yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tentu harus memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan bakat. Saat ini banyak problem mahasiswa salah satunya adalah salah memilih jurusan kuliah. Mengapa bisa salah dalam memilih jurusan perkuliahan? Ada banyak faktor yang menjadi alasan mengapa mahasiswa-mahasiswa sekarang salah memilih jurusan kuliah. Untuk itu disini akan diberikan beberapa tips memilih jurusan kuliah secara cermat, agar tidak ada lagi masalah masalah yang berkaitan dengan salah memilih jurusan perkuliahan. Simak berikut ini!

1. Pilih Jurusan Sesuai Minat

Tips memilih jurusan kuliah secara cermat yang pertama adalah dengan memilih jurusan kuliah sesuai dengan minat dan kesukaan kamu. Menjalani perkuliahan yang disukai dan sesuai dengan minat membuat kamu belajar dan berjuang untuk lulus tanpa paksaan. Jangan sampai memilih jurusan kuliah hanya karena ikut-ikutan dengan minat teman. Pastikan kamu antusias dengan jurusan kuliah yang diambil.

2. Memilih Jurusan Kuliah Yang Membuka Banyak Lapangan Pekerjaan

Selain memilih jurusan sesuai minat kamu juga harus mempertimbangkan jurusan kuliah yang membuka banyak lapangan pekerjaan. Pilih jurusan yang paling banyak dicari orang dan seberapa peluang perusahaan mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang usaha mereka. kamu bisa melakukan riset di situs pencari kerja atau forum-forum lowongan kerja yang tersebar di internet.

Karena pada hakikatnya kuliah bertujuan untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Untuk apa memilih satu jurusan kuliah yang unik tapi tidak memilki prospek kedepan yang bagus.

3. Pertimbangkan Keunggulan Universitas Dengan Jurusan Yang Dipilih

Semua Universitas yang memiliki jurusan tertentu yang diunggulkan, jadi ketika kamu memilih incaran universitas perhatikan pula bidang jurusan yang paling unggul di universitas tersebut.

Alasannya adalah karena kualitas lulusan dari sebuah universitas menjadi pertimbangan bagi pembukaan lowongan kerja. Untuk kualitas jurusan mengacu pada hasil akreditasi jurusan. Kamu bisa melihat informasi ini pada situs-situs universitas yang tersedia di internet.

4. Sesuaikan Jurusan Dengan Keadaan Finansial

Kamu boleh saja memilih jurusan atau pun yang diinginkan. Tapi tetap pikirkan bahwa biaya kuliah itu tidak sedikit, sesuaikan jurusan yang kamu pilih dengan keadaan finansial keluarga. apalagi bagi kamu yang mencari tempat kuliah yang cukup jauh dengan rumah. Harus ada tambahan biaya lain seperti tempat kos, transportasi,  biaya makan selain biaya kuliah tentunya.

5. Tes Potensi

Cara ini sebenarnya tidak 100% efektif dilakukan. Namun apa salahnya memilih jurusan berdasarkan tes kepribadian dengan menganalisa minat, karakter, kelebihan, kekurangan, nilai-nilai, potensi di bidang seni ataupun sosial.

Bahkan beberapa tes kepribadian menunjukkan ketertarikan seseorang pada  sebuah bidang karir hingga gaya bekerja yang cocok. kamu bisa melakukan tes kepribadian secara online untuk memberikan gambaran mengenai kepribadian dan jurusan yang cocok sesuai minat dan bakat.

6. Pahami Kelebihan Dan Kekurangan Dari Beberapa Jurusan Yang Kamu Incar

Tips memilih jurusan kuliah secara cermat yaitu dengan memilih beberapa jurusan yang kamu ingkar lalu bandingkan jurusan satu dengan yang lainnya. Pahami pula kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jurusan tersebut.

Kamu bisa melakukan riset di internet atau bertanya langsung ke orang-orang yang punya pengalaman di salah satu jurusan tersebut. Setelah melakukan perbandingan nanti kamu bisa mengetahui jurusan mana yang terbaik.

Demikian beberapa tips memilih jurusan kuliah secara cermat, mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi kamu yang kesulitan untuk menentukan jurusan kuliah dan takut salah pilih jurusan. Karena kuliah waktunya tidak sebentar, kalau sampai kamu salah memilih jurusan tentu cukup berpengaruh pada kelangsungan pendidikan kamu nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *