6 macam hobi mahal yang dapat meningkatkan kecerdasan anak

6 macam hobi mahal yang dapat meningkatkan kecerdasan anak

Kecerdasan anak merupakan salah satu aset yang harus dikembangkan oleh orang tua. Mengapa orang tua? karena pada dasarnya tumbuh kembang anak harus selalu dipantau oleh orang tua.
Mengembangkan kecerdasan anak dapat dimulai dengan melatih hobi mahal agar tertanam pada dirinya. Apa maksud dari hobi mahal? apakah hobi yang memerlukan biaya yang tinggi? tentu bukan. Hobi mahal merupakan hobi yang dapat menjadikan waktu anak-anak menjadi berkualitas karena dapat mengembangkan pola pikirnya.
Untuk lebih jelasnya, mari simak beberapa jenis hobi mahal berikut ini:

1. Membaca

Hobi pertama yang termasuk kategori hobi mahal adalah membaca. Pada zaman sekarang kebiasaan membaca sudah terkikis oleh beberapa permainan yang canggih. Anak sudah pasti lebih suka bermain gadget dibandingkan membaca. Padahal dengan membaca, anak akan mendapat banyak wawasan dan juga pengetahuan.
Kegiatan membaca dapat mencerdaskan otak anak dikarenakan otak selalu diasah dengan tulisan yang harus dipahami. Semakin sering anak membaca maka anak akan semakin cerdas.

2. Menulis

Hobi yang kedua selalu sepaket dengan hobi pada poin nomor 1. Ya, menulis juga mampu meningkatkan kecerdasan anak. Anak yang suka menulis secara tidak langsung membuat otak kiri dan otak kanan menjadi saling bersinergi. Kolaborasi antara keduanya menjadikan anak semakin siap dalam menghadapi masa depan.
Anak yang suka menulis akan menuangkan segala imajinasi dan kreativitasnya melalui tulisan. Anak juga dapat dengan mudah mencari berbagai informasi dan menyalurkannya melalui tulisan.

3. Olahraga

Hobi yang ketiga yaitu olahraga. Anak yang sering berolahraga sudah tentu termasuk dalam kategori anak yang lincah. Dengan banyak bergerak melalui kegiatan olahraga anak akan semakin cerdas karena fisik yang juga sehat. Kesehatan otak dipengaruhi oleh kesehatan fisik.
Olahraga yang teratur selain mencerdaskan anak juga dapat membuat anak lebih tanggap dalam segala situasi. Anak juga lebih sehat karena sering terkena matahari.

4. Bermain Alat Musik

Hobi selanjutnya yang dapat meningkatkan kecerdasan anak ialah dengan bermain alat musik. Alat musik dapat menjadi salah satu benda yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Bagaimana tidak, anak terlatih untuk menyeimbangkan otak kiri dengan otak kanan melalui rangkaian nada-nada yang berpadu dengan alat musik.
Beberapa alat musik yang direkomendasikan dapat meningkatkan kemampuan anak ialah piano, gitar, harmonika, biola, dan lainnya. Dengan nada-nada tersebut otak juga akan merasa stabil karena nada yang didengar juga mampu menstimulus otak untuk lebih cerdas.

5. Menonton

Ayah dan bunda jangan salah paham dulu, yang dimaksud menonton disini ialah menonton film-film edukasi yang dapat merangsang kemampuan otak agar lebih cerdas. Film edukasi dapat berupa film yang berasal dari luar negeri tentunya yang berhubungan dengan anak-anak dan telah lulus sensor.
Film luar negeri sudah pasti menggunakan bahasa asing ya, dengan begitu anak juga dapat menambah beberapa pembendaharaan kata dalam bahasa asing. Hobi ini jika disalurkan dengan baik akan menjadi hobi mahal yang dapat mencetak generasi emas.

6. Jalan-jalan

Hobi yang disukai kebanyakan orang ini juga termasuk dalam kategori hobi mahal. Jalan-jalan dapat membuat pikiran menjadi fres dan juga terhindar dari kejenuhan. Anak yang terlalu jenuh akan rutinitas dapat kembali ceria jika diajak jalan-jalan.
Sebenarnya jalan-jalan dapat dilakukan dengan biaya yang minim. Cukup bawa anak ke tempat sekitar yang sekiranya dapat melupakan segala beban kejenuhan yang dialami anak, misalnya ke sawah, air terjun, pantai, dan lain sebagainya.

Itu tadi 6 macam hobi mahal yang dapat meningkatkan kecerdasan anak. Anda bisa menerapkan ke-6 hobi tersebut kepada anak, agar menjadi anak yang cerdas sehingga mampu menghadapi tantangan zaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!