Bagi bunda yang punya anak usia balita, pastinya tidak aneh dengan bau badan yang dimiliki balita pada umumnya. Namun bagaimana jika anak usia batlita, memiliki bau badan yang lebih? bahkan membuat kita tidak nyaman?

Perlu diketahui bahwa bau badan pada balita disebabkan oleh infeksi bakteri, konsumsi susu non organik, daging, telur dan keberadaan parasit lain yang ada pada tubuh balita.

Lantas bagaimana cara kita mengatasi bau badan berlebih pada balita? Mari kita simak tips berikut ini :

Rajin mengatur waktu Mandi anak

Anak-anak pada umumnya sangat susah diperintah untuk mandi. Apalagi saat ia sedang asik bermain. Namun kita sebagai orang tua harus memberi pelajaran pada anak tentang pentingnya mandi untuk menjaga kebersihan sejak dini. Jika anak tidak dibiasakan untuk menjaga kebersihan badan, maka ia akan terlatih menjadi pribadi yang malas, dan terkesan kurang terawat.
Pada saat anak usia balita, kita dapat menyuruhnya mandi melalui perintah yang sekiranya enak didengar di telinga anak. Jangan sampai kita memarahi mereka dengan kata-kata yang kasar.

Ajari Cara Mandi yang Benar

Usia balita tentunya belum paham betul antara bagian-bagian tubuh utama yang dibersihkan secara mendetail. Untuk itu bagi bunda ini merupakan pelajaran penting yang harus disampaikan pada anak.

Ajari anak untuk membersihkan bagian-bagian utama, yakni ketiak, siku dalam, selakangan, serta tumit. Bagian lain juga tidak kalah penting, namun bagian utama tadi memerlukan perhatian yang ekstra.

Berikan Bedak yang Sesuai

Saat si kecil mengalami bau badan berlebih, sebaiknya memberi perawatan berupa bedak pada bagian-bagian tubuh yang merupakan sumber keringat. Pilihlah bedak yang tidak mengandung aluminium atau paraben.

Gunakan Baju Berbahan Mudah Menyerap Keringat

Usia balita tentunya usia aktif bermain, berlari kesana kemari. Sehingga membuat anak memproduksi keringat yang berlebih. Penting bagi bunda agar memberikan anak baju dengan kain yang mudah menyerap keringat, misalnya kain katun. Hal ini dapat meminimalisir bau badan anak

Pilihkan Menu makanan Sehat

Hindari memberi makan yang bersifat memberi bau badan berlebih. Makanan pedas dan mengandung protein tinggi juga berpengaruh terhadap bau badan anak. Jadi berilah makanan dengan gizi seimbang sehingga tidak mengeluarkan bau badan yang berlebih.

Bau badan paling puncak yakni ketika anak anak menginjak usia remaja. Namun sejak dini mungkin kita juga perlu memperhatikan kesehatan anak meski dari bau badannya. Kenali penyebab bau badan pada si kecil, sehingga menemukan solusi yang pas untuk mengatasinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *