Data yang penting sebagian ada dalam benda kecil ini. Selain praktis, dapat dibawa kemana saja flashdisk banyak digunakan karena harganya yang kini dapat terjangkau oleh beberapa kalangan menengah ke bawah. Bahkan anak SMP sudah diwajibkan memiliki flashdisk sebagai penunjang kegiatan belajar yang melibatkan IT.

Namun apabila kita salah dalam menggunakannya, ternyata flashdisk dapat cepat rusak. Tidak terbayangkan apabila tiba-tiba flashdisk kita rusak, sedangkan banyak data penting yang belum sempat disalin ada di dalamnya. Pasti itu membuat dunia seisinya seakan hancur berkeping-keping. Hehehe. Lantas bagaimana cara merawat flashdisk agar tidak cepat rusak? Mari kita simak bersama!

Simpan Flashdisk Saat Tidak Dipakai

Jangan pernah sekali-kali menaruh flashdisk di sembarang tempat. Misalnya, di meja tamu, di ruang makan, diatas kasur, dan ditempat sembarangan lainya. Hal ini dapat mengancam keamanan flashdisk kita. Bisa saja tanpa sengaja flashdisk dapat ketumpahan air, tertindih tubuh, atau lupa menaruh. Untuk itu simpan flashdisk di tempat yang aman misalnya di dalam tas, di dompet, atau tempat khusus untuk flashdisk.

Jangan sampai flashdisk terjatuh

Benturan yang cukup keras dapat merusak komponen flashdisk kita. Hal ini dapat menyebabkan flashdisk rusak sehingga tidak bisa digunakan.

Jauhkan flashdisk dari benda panas

Suhu panas yang mengenai flshdisk kita ternyata dapat menyebabkan eror pada komponen flashdisk. Suhu panas biasanya terjadi ketika kita menancapkan flashdisk kita ke laptop atau CPU. Untuk menghindari hal tersebut kita dapat mensiasati agar tidak menancapkan flasdisk terlalu lama. Kita dapat mengcopy file terlebih dahulu sebelum mengeditnya.

Eject flashdisk saat akan mencabutnya

Cara merawat flashdisk agar tidak cepat rusak yang selanjutnya yakni memperhatikan pentingnya kegiatan eject Flashdisk. Kegiatan sepele yang sering diabaikan para pemilik flashdisk yakni langsung mencabut tanpa meng-eject terlebih dahulu.

Jangan simpan flshdisk di dalam saku

Hal yang paling parah yaitu kita mencuci flashdisk. Maksudnya kita berniat mencuci baju namun kita lupa bahwa di saku baju tersebut tersimpan flashdisk kita. Kegiatan ini dapat membuat flashdisk kita cepat rusak, bahkan tidak bisa lagi digunakan.

Rajin Scan Saat menancap di Laptop/CPU

Membiasakan scanning flashdisk merupakan hal baik sebagai antisipasi agar data kita tidak hilang termakan virus jahat. Bagi yang masih awam tentunya tidak akan paham betul tentang manfaat scanning flashdisk.

Jangan Bebani Flashdisk dengan File besar

Ada baiknya jika kita menyimpan file di flashdisk dengan ukuran yang sesuai dengan kapasitasnya. Kita dapat mengompress ukuran file kita jika memang terpaksa harus menyimpan file tersebut dalam flasdik menggunakan zip.

Hindari memformat flashdisk terlalu sering

Kegiatan ini dapat menyebabkan penyimpanan flashdisk tidak dapat berfungsi serta membuat flashdisk cepat rusak. Memformat flashdisk dilakukan ketika data yang kita miliki telah cacat, misalnya karena flashdisk kita terkena virus sehingga memakan data-data kita.

Jangan terlalu sering tulis hapus pada flashdisk

Copy, paste atau delete data pada flashdisk atau biasa disebut dengan proses tulis hapus data dapat membuat flashdisk lebih lambat atau bahkan tidak dapat terdeteksi oleh laptop/CPU. Hal ini dapat terjadi karena Flashdisk memiliki kapasitas maksimal sekitar 10.000 sampai 100.000 kali proses tulis hapus data.

Setelah membaca uraian di atas, mari kita rawat flashdisk kita dengan benar supaya tidak cepat rusak. Jangan lupa untuk membeli flashdisk pada toko resmi agar memiliki garansi, simpan kartu garansinya sebagai bukti. Semakin rajin merawat flashdisk, makan akan semakin awet pula flashdik kita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *